Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Flickr Central: Aplikasi Flickr yang Populer

Anom Penulis

Setelah beberapa waktu asik dengan Instagram, saya lupa dengan Flickr. Ketika mencoba kembali layanan ini, saya mengunakan salah satu yang pernah dibahas di artikel aplikasi alternatif Flickr Windows Phone. Namanya Flickr Central, dan saya mau membahasnya.

Flickr Central hadir dengan nuansa warna Flickr dalam kemasan ala Windows Phone. Aplikasi ini tidak langsung menampilkan photostream dari kontak kita seperti di situs Flickr. Tapi memberikan semacam dasbor sebagai halaman utamanya.

popculture.id

Dari situ, kita bisa masuk ke bagian foto kita. Termasuk di dalamnya photostream foto kita, album, foto pengguna lain yang jadi favorit kita, dll. Bisa juga kita masuk ke bagian lain. Seperti Activity tempat kita mendapat informasi siapa yang menyukai foto kita atau melihat photostream teman-teman. Kita juga bisa melakukan eksplorasi dan pencarian, atau melihat grup. Sedikit catatan, explore hanya menampilkan foto terbaru (recent photo).

Ini bisa dipahami mengingat muatan Flickr yang beragam. Dengan dasbor seperti ini, pengelompokan tersebut memudahkan penggunaan aplikasi. Menurut saya, solusi yang baik.

Saat kita melihat sebuah foto, kita juga bisa melihat beberapa hal terkait, seperti komentar, di album atau grup mana saja foto itu muncul, juga jumlah favorit. Sayangnya wilayah komentar tersebut tidak bisa di-swipe untuk pindah ke hal lain.

Lucunya, kalau kita tap judul foto tersebut (saat bagian komentar ditutup), kita akan di bawa ke bagian yang mirip fungsinya. Informasinya lebih lengkap, termasuk peta dan tags. Kelihatannya kalau dijadikan satu lebih oke.

Flickr Central memiliki fitur kamera bawaan. Tapi kelihatannya menggunakan fitur kamera standar (koreksi saya kalau salah ya). Bukan masalah. Toh bisa juga memotret dengan Lumia Camera. Lalu kita tinggal mengunggahnya dengan aplikasi ini.

Bagian upload cukup menyenangkan. Pertama, kita bisa upload sekaligus banyak. Kedua, kita bisa mengisi detil foto satu persatu. Baik judul, tags, dan ijin tampilan. Ketiga, proses upload juga diwarnai dengan animasi progress bar yang keren.

Yang kurang, kita belum bisa langsung memasukkan foto tersebut ke dalam album tertentu. Untuk memasukannya, kita harus melalui halaman album (pilih album dan tambah foto). Semoga di masa mendatang fitur ini ditambahkan.

Secara keseluruhan, aplikasi Flickr ini enak digunakan. Melihat foto maupun upload mudah dilakukan. Tampilannya juga menarik. Apalagi didukung fitur pengaturan yang cukup banyak. Sejauh ini saya terpuaskan, dan cukup setuju dengan rating bagus di bursa.

    %d blogger menyukai ini: