Folders: Alternatif File Manager Windows Phone

File Manager Windows Phone, saat ini merupakan salah satu fitur di Windows Phone 8.1 yang belum bisa dinikmat oleh para pengguna yang menggunakan Windows Phone 8.1 preview developer. Joe Belfiore sudah memperlihatkan tangkapan layar fitur tersebut di event ask me anything Reddit beberapa waktu lalu, dan laman uservoices sudah memberikan status completed pada fitur ini dan katanya fitur ini akan rilis di bulan Juni.

Namun bagi kalian yang tidak sabar ingin mencicipi file manager Windows Phone, banyak aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi sebagai file manager, salah satunya adalah Folders.

Folders menghadirkan tampilan yang sederhana namun tetap memberikan nuansa modern UI, berbeda dengan kebanyakan aplikasi File Manager lainnya, tampilan Folders ini menurut saya lebih cocok dan tidak seperti file manager yang ada di PC (Windows Explorer).

Saat pertama kali membuka aplikasi ini, kita akan melihat beberapa pilihan seperti Video, Pictures, Music, SD Card dan OneDrive. Seperti fungsi file manager pada umumnya, kita bisa memilih folder mana yang akan dilihat.

Fitur-fitur dasar file manager seperti cut, copy, delete, rename dan properties sudah ada pada aplikasi Folders ini. Selain itu, kita bisa langsung membagikan file langsung melalui email, bluetooth, jejaring sosial, OneNote dll tanpa harus keluar dari aplikasi Folders, tinggal tap, kemudian pilih share. Oh ya, Folders punya kemampuan juga untuk membuat folder.

Saat saya mencoba untuk menjalankan beberapa jenis file seperti gambar, video dan file dokumen Office, Folders mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Mungkin satu kekurangan dari aplikasi ini (karena berhubungan dengan proteksi yang dilakukan oleh Windows Phone), Folders tidak bisa mengakses file dokumen yang dibuat melalui Office Windows Phone. Tapi hal tersebut bukanlah suatu masalah besar, karena kita masih tetap mengakses file Office yang diletakkan di OneDrive.

Meskipun masih berstatus beta, aplikasi Folders ini bisa digunakan dengan sangat baik dan menurut pengembangnya, akan terus melakukan update dan menambahkan beberapa fitur seperti copy file dari OneDrive dan sebaliknya, dukungan terhadap layanan cloud lain (ex: DropBox, Google Drive, dll), folder yang tereknripsi, dll.

Kalian bisa mengunduh aplikasi Folders ini secara gratis melalui Store atau bisa juga dengan meminda qrcode di bawah ini.

    %d blogger menyukai ini: