Ini Dia 6 Format Video Populer di Dunia Beserta Kelebihannya

afpcoffee17f-1-web-561b8af33c702

Siapa aja sih yang tak suka nonton film? Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pasti banyak yang suka nonton film. Film sudah menjadi salah satu sarana hiburan murah meriah yang mudah sekali untuk diakses.

Namun, taukah kamu bahwa setiap film atau video memiliki format/ekstensi yang berbeda-beda, tergantung dimana kamu mendapatkannya dan siapa yang menyediakannya.

Maka dari itu, melalui artikel berikut, kita akan jelaskan kepada kalian, ekstensi video apa saja yang populer dan apa kelebihan dari masing-masing ekstensi tersebut. Mari simak ulasannya di bawah ini.

AVI

Sumber Gambar : AnyMP4

Siapa sih yang tak mengenal format videio AVI? AVI atau Audio Video Interleave adalah salah satu format paling populer karena sering digunakan untuk format film dan video secara luas lewat berbagai macam media.

AVI juga sering digunakan sebagai format file default bagi handy cam dan kamera digital pada umumnya. Format yang diciptakan oleh Microsoft ini juga terkenal karena sering dikombinasikan dengan codec-codec seperti DivX dan XVID,.

Namun, bagi kamu yang menayangkan video dengan codec, jangan lupa untuk menginstal file pembaca codec-nya terlebih dahulu ya.

MP4

Sumber Gambar : Aiseesoft

MPV yang kini sudah merambah kedua format ponsel dan Youtube menjadi website yang menjadikan MP4 semakin maju karena ia menggunakan ekstensi MP4.

Sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan, perlu diketahui bahwa dulu YouTube menggunakan FLV sebagai ekstensi videonya, akan tetapisemenjak mereka beranjak ke pemutar video HTML5, maka flash mulai ditinggalkan dan FLV menjadi kenangan.

MPG

Sumber Gambar : Iconfinder

Taukah kamu bahwa MPG atau MPEG pernah menjadi penguasa dari segala video di rumah kamu lho.

Dulu waktu era VCD masih menjamur di Indonesia, setiap file. DAT yang berada di dalam kepingan VCD merupakan sebuah video yang memiliki format MPEG 1.

Selain VCD, MPG juga sering ditemukan di dalam DVD dan bahkan Blu-Ray sebagai ekstensi default video yang berada di dalamnya.

3GP

Sumber Gambar : Iconfinder

Ngaku aja deh, siapa yang mesem-mesem sendirian jika liat format file diatas. Yak benar itu adalah 3GP yang mnjadi format terkenal di Indonesia pada awal tahun 2000-an.

Format file video ini menjadi format file default bagi handphone. 3GP memang secara khusus dioptimalkan sebagai ekstensi video berukuran kecil terutama dari handphone.

3GP juga kerap kali disalahgunakan di internet karena banyak sekali video porno amatir direkam menggunakan handphone dan menghasilkan video dengan format 3GP.

WEBM

Sumber Gambar : Yodot

Nah, buat yang belum tahu, WEBM kini juga telah menjadi salah satu format file video yang mulai terkenal di Internet.

Ia menggunakan format coding video VP8/VP9 dan audio Vorbis atau Opus sebagai standar codec. Untuk situs Indonesia, mungkin memang belum banyak yang menggunakan WebM sebagai format file video.

Tetapi, semenjak hadirnya HTML5, WEBM semakin menjamur sebagai media standar file, baik itu untuk situs forum hingga situs berita.

MKV

Sumber Gambar : Iconfinder

MKV sering disebut sebagai format video terbaik dan disukai banyak orang. Banyak para penyedia film lebih memilih ekstensi MKV.

Hal ini bukan tanpa alasan, format MKV ini sangat fleksibel dimana ia mampu menyimpan video, audio, gambar dan bahkan subtitle teks menjadi satu file video.

MKV juga bersifat open source ,sehingga lebih mudah untuk dimodifikasi dan dikembangkan.

Itulah 6 format video yang paling populer dan diguakan secara luas di dunia teknologi, baik itu sebagai media video offline hingga streaming melalui internet.

Jadi fomat video manakah yang sering kamu gunakan?