Bikin Takjub! Kumpulan Foto Gerhana Matahari Keren di Seluruh Dunia

Foto: Joshua Cripps

Tidak bisa nonton gerhana Matahari pada tanggal 21 Juni 2020? Tenang. Kalian bisa lihat kumpulan foto gerhana Matahari paling keren dari seluruh dunia di artikel ini.

Gerhana Matahari adalah momen yang sangat langka. Karena fenomena alam ini biasanya hanya terjadi beberapa tahun, puluhan atau ratusan tahun sekali. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mengabadikan momen tersebut.

Seperti beberapa waktu lalu, sempat terjadi gerhana Matahari di beberapa negara. Ada yang bisa melihat gerhana Matahari parsial, annular atau cincin. Tergantung negara tempat mereka tinggal.

Sayangnya tidak semua orang punya kesempatan untuk melihat gerhana Matahari. Kali ini kami kumpulkan beberapa foto gerhana Matahari paling keren dari seluruh dunia yang terjadi pada tanggal 21 Juni 2020.

Kumpulan Foto Keren Gerhana Matahari

Gerhana Matahari di Meerut, India

Sumber Gambar : Reddit

Foto gerhana Matahari ini saya dapatkan dari situs Reddit. Gerhana Matahari ini terjadi di Meerut, India. Foto ini diambil memakai kamera. Sayangnya u/ashwch, sang fotografer, tidak menyebutkan kamera apa yang dia pakai.

Tapi ia menyebut kalau foto ini diambil dengan lensa 200-600m. Karena terlalu terang, jadi kamera diatur untuk fastest shutter speed (1/8000s) dan aperture-nya adalah f/29.

Gerhana Matahari oleh Dorje Angchuk

Foto yang selanjutnya ini diambil oleh akun Twitter @dorje1974. Beda dengan foto sebelumnya, yang ini menampilkan deretan penampakan (komposit) gerhana Matahari yang melintang secara horizontal.

Dorje Angchuk, pemilik foto ini, mengakui kalau dirinya mengambil foto saat matahari terlalu tinggi. Jadi proses gerhana tampak keil. Untuk mengabadikan gerhana, pria tersebut memakai kamera Sony A7S2 14mm yang diletakkan di atas tripod.

Gerhana Matahari di Kurukshetra, Haryana, India

Sumber Gambar : Reddit

Foto ketiga ini menampilkan gerhana Matahari annular karya Abhinav Singhaidi yang diungga ke Reddit. Foto ini diambil di  Kurukshetra, Haryana Baileys Beads and Chromosphere, pada tanggal 21 Juni 2020.

Gerhana Matahari ini diabadikan dengan kamera Nikon D500 500mm, f32,1/8000 (unfiltered shot). Sementara itu, foto ini memiliki resolusi 1600 x 1038. Bagaimana menurut kalian, cantik kan?

Gerhana Matahari di Filipina

Sumber Gambar : Facebook

Di foto keempat ini, kalian bakal disuguhkan pemandangan gerhana Matahari parsial. Foto ini diambil oleh Charlie Sindiong, yang ia unggah ke Facebook.

Kerennya, ketika ia memotret gerhana matahari ini International Space Station (ISS) melintas persis di depannya. Sama seperti foto ketiga, gerhana Matahari Parsial ini diambil tanggal 21 Juni 2020. Sayangnya, dia tidak menyebutkan kamera apa yang dipakai.

Gerhana Matahari di New Delhi, India

Sumber Gambar : Getty Images

Nah, ini salah satu foto yang saya suka. Di sini kalian bisa lihat foto gerhana Matahari parsial yang mencapai 93%. Foto ini diambil di selatan New Delhi, India.

Foto yang diambil oleh Jewel Samad ini sekilas mirip bulan sabit. Hanya saja kalau bulan sabit berwarna putih kekuning-kuningan, maka di foto ini mataharinya berwarna oranye kemerah-merahan dan bentuknya lebih ramping.

Gerhana Matahari di Aden, Yaman

Foto yang selanjutnya ini diambil dari Yaman. Gambar ini difoto oleh Mubarak dan diunggah oleh akun Twitter @Middleclipse.

Coba kalian perhatikan foto ini. Terlihat dramatis sekali ya. Terlihat penampakan gerhana Matahari parsial yang mirip seperti bulan sabit.

Uniknya, cahaya yang ditampilkan matahari menyebar secara teratur ke beberapa arah. Foto ini jadi tambah dramatis saat ada seorang pria yang merentangkan tangannya tepat di bawah Matahari.

Gerhana Matahari di Sukkur, Pakistan

View this post on Instagram

Ring of Fire, Chromosphere and Proms visible in this unfiltered image of sun at annularity from Sukkur, Pakistan 😎 Celestron 102GT + Canon 1200D. #celestron #CelestronRocks #sol #youresa #astrophotography_ #astronomyphotography #solar #paki_photographers #pakistaniphotographers #sun #nasa #imageoftheday #photography #photooftheday #karachiphotographer #canon1200d #canon #astronomynow #astronomy #thousandoakssolarfilter #ig_photooftheday #igworldclub_sunset #imageoftheday #igworldclub @the.astronomy.daily @nasa @astronomy.magazine @sun_gazing @parkersolarprobe_nasa @celestronuniverse @celestron_telescopes @celestronaustralia @european_solar_telescope @nationalsolarobservatory @youresa @solar.eclipse.earth @eclipseloversmagazine #eclipse #annularsolareclipse @eclipsedocumentary @europeanspaceagency @dawn_dot_com @geourdudottv

A post shared by Talha Zia (@talha_moon_zia) on

Foto yang terakhir ini diambil di Sukkur, Pakistan. Gambar ini diabadikan oleh seorang astronom bernama Talha Bulan Zia.

Gambar ini terlihat sangat menakjubkan. Kalian bisa lihat penampakan ‘cincin api’ yang menunjukkan kromosfer Matahari yang berwarna merah muda.

Cincin api ini bisa kalian lihat di bagian kiri bawah. Cantik bukan? Sayangnya, Talha tidak membeberkan perangkat apa yang dia pakai untuk mengabadikan momen ini.

 


Catatan: Foto utama adalah karya Joshua Cripps dari gerhana matahari pada bulan Desember 2019.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: