Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Foundbite: Menggabungkan Foto dan Audio

Anom Penulis

Beberapa waktu lampau, kami sempat mencoba sebuah aplikasi bernama Foundbite. Saat itu aplikasi tersebut masih ada dalam kondisi beta. Sekarang aplikasi ini sudah dirilis secara resmi di Windows Phone Store.

Sebelumnya, mari kita lihat apa itu Foundbite. Foundbite adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan foto dan audio (suara). Aplikasi ini cukup unik karena lebih dari sekedar foto, tapi juga bukan video. Foundbite meningkatkan sisi dramatis foto dengan menambah suara di sana. Bayangkan foto mobil pemadam kebakaran, tapi lengkap dengan suara sirenenya.

popculture.id

Fitur Foundbite

  1. Memotret sekaligus merekam suara dan menggabungkannya
  2. Mengambil gambar dari galeri dan merekam suara secara terpisah
  3. Melihat feed Foundbite
  4. Melihat post Foundbite di sekitar kita (peta) dan di seluruh dunia (peta)
  5. Menyimpan dan memperlihatkan Foundbite yang kita buat, tapi belum diunggah
  6. Membuat akun Foundbite
  7. Berbagi ke jejaring sosial
  8. Embed Foundbite ke website atau blog.

 

Tampilan aplikasi Foundbite ini cukup jelas, dan enak digunakan. Dengan tampilan pivot ala Windows Phone, kita bisa melihat feed, menu (profil dan peta), juga Foundbite yang kita buat, dengan enak. Kita juga bisa melihat tampilan sebuah post Foundbite atau membaginya dengan teman-teman kita di jejaring sosial dengan mudah pula. Tampilannya sudah berbeda jauh dengan versi awalnya. Sekarang lebih baik.

Untuk membuat sebuah Foundbite, kita bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama mengambilnya secara langsung, atau terpisah. Pilihan yang menarik, karena memberi kita pilihan bagaimana kita bermain-main dengan kreativitas kita.

Membuatnya secara langsung adalah cara standar. Saat kita mulai mengambil gambar, saat itu pula suara direkam. Kita bisa mengambil gambar cukup banyak dan membuat semacam slide show dengan cara ini. Kelemahannya, ada kemungkinan kita akan terburu-buru saat membuatnya, jadi tidak rapi.

Kedua, kita mengambil gambar dan merekam suara secara terpisah. Kita bisa mengambil gambar dari galeri. Tapi hanya gambar yang diambil baru-baru saja. Lewat beberapa menit, gambar tersebut tak bisa digunakan. Ini bertujuan agar gambar tersebut bernilai aktual. Sayangnya, kita hanya bisa menggunakan satu gambar dengan cara ini.

Serunya, kita juga bisa embed hasil karya kita di website atau blog. Misalnya seperti yang saya buat di bawah ini:

Aplikasi Foundbite bisa didapatkan secara gratis di Windows Phone Store Indonesia. Aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8. Nah, buat yang berminat, silakan langsung menuju link ini.

    %d blogger menyukai ini: