Diskon VPN terbaik: Klik di sini

FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya

FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya

Game yang kamu mainkan tiba-tiba drop fps-nya? Kamu jengkel dengan koneksi internet? Tunggu dulu. Belum tentu itu karena koneksi.

Frame Per Second (fps) ini adalah sebutan untuk berapa banyak frame yang bisa dihasilkan oleh sebuah perangkat pada tiap detiknya di sebuah game. Semakin tinggi atau semakin banyak jumlah fps yang ada, maka gerakan dari suatu game akan semakin smooth dan lancar.

Harap bedakan dengan istilah First Person Shooter yang juga sering disingkat sebagai FPS.

Bagi kamu yang memiliki konsol atau PC, kamu harus memiliki minimal fps 60Hz. Tapi untuk perangkat mobile, 30Hz rasanya sudah cukup mengingat tentang kapasitas baterai dan suhu pada perangkat.

Ukuran fps yang kamu dapat saat bermain game, sebagian besar dipengaruhi oleh kapasitas dari perangkat yang kamu punya. Terutama di sektor monitor dan kartu grafis (VGA Card). Jadi sangat diperlukan memiliki kartu grafis yang mumpuni supaya seluruh grafik pada sebuah game keluar secara maksimal.

FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya

Sampai sekarang ini, angkat fps paling tinggi yang bisa diraih oleh sebuah perangkat PC berada di angka 240Hz. Dengan fps seperti itu, kamu pasti merasakan sensasi bermain game yang luar biasa maksimal. Pergerakan dari karakter yang seperti asli dan environment paling detail bisa kamu rasakan.

FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya

Tapi sayang fps maksimal tidak untuk game-game di perangkat mobile yang sekarang ini sedang digandrungi oleh para gamers. Seperti game MOBA Mobile Legends, AoV, Vainglory dan lain sebagainya.

Karena hampir semua gadget atau smartphone pasti memiliki layar 60Hz. Artinya, game-game tersebut hanya sanggup mencapai fps sebesar 60Hz, itupun jika chip dalam perangkat mobile memadai.

FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya

Satu hal yang harus kamu tahu, perangkat mobile secanggih apapun tidak akan memberikan FPS maksimal jika memang dari game-nya sendiri menutup fitur High Frame Rate. Alasannya sangat sederhana, agar tidak boros baterai dan tetap terhindar dari panas.

Tinggi atau rendahnya sebuah fps seringkali dikaitkan dengan kualitas koneksi atau sinyal provider kamu. Iya sih, kalau fps drop, tampilan game jadi patah-patah seperti terjadi lag dari gangguan koneksi. Tapi itu semua salah!

Patah-patah yang terjadi pada sebuah game karena fps drop tidak disebabkan oleh koneksi internet. Itu semua murni dari kesanggupan perangkat yang kamu pakai untuk memainkan game. Jadi ada baiknya kalau memperhatikan spesifikasi perangkat mobile sebelum membeli jika ingin dipakai bermain game.

Sudah paham? Semoga setelah membaca info ini, kamu tidak lagi menyalahkan jaringan internet jika tiba-tiba game yang sedang kamu mainkan drop fps-nya.

More Stories
3 Hero MOBA Analog yang Cocok Dimainkan Ketika Hari Raya Idul Adha