Franz: Banyak Aplikasi Chatting di Satu Tempat

franz aplikasi chatting

Banyaknya aplikasi chatting sering membuat kita pusing. Terutama kalau teman atau rekan kerja kita menggunakan berbagai aplikasi berbeda. Kalau kamu melakukan itu di komputer, hal ini jelas mengganggu. Akan banyak window terbuka, dan kamu akan sibuk berpindah antar aplikasi.

Untungnya, ada aplikasi yang membantu menyederhanakannya. Salah satu aplikasi itu adalah Franz. Sebuah aplikasi yang mendukung banyak aplikasi chatting, bahkan mendukung layanan email.

Tidak hanya itu, aplikasi yang namanya diambil dari Kaisar Austria ini mengijinkan kamu menggunakan akun berbeda dari satu layanan. Misalnya menggunakan 5 akun Facebook Messenger berbeda sekaligus. Dukungan semacam inilah yang membuat mimin bahagia. 😀

berbagai aplikasi chatting di franz

Saat ini, Franz mendukung sampai 23 layanan, baik aplikasi chatting maupun email. Mulai dari aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia seperti WhatsApp, WeChat, Telegram, Skype, sampai ke aplikasi chatting produktivitas seperti Slack, HipChat, atau Mattermost. Ditambah lagi ada layanan social media TweetDeck, Steam, dan dukungan Gmail, juga Outlook. Sayangnya, Line dan BBM belum masuk di daftar ini.


Baca juga


Franz tidak memiliki tampilan khusus kecuali jejeran tab di bagian atas. Semua layanan menggunakan tampilan asli dari masing-masing aplikasi. Jadi kita tetap bisa membedakannya. Franz juga mendukung notifikasi, baik yang muncul di tab maupun pop up di desktop.

tab franz

Sejauh yang saya gunakan (dan saya menggunakannya tiap hari), aplikasi Franz berjalan dengan baik. Kalau pun ada kendala, biasanya datang dari masing-masing layanan. Misalnya: Masalah WhatsApp tidak terhubung dengan handphone, atau Slack mengalami masalah terhubung kembali ke internet (reconnecting). Dengan kata lain, kendala yang kerap muncul di aplikasi asli.

Sejak menggunakan Franz, saya menghapus beberapa shortcut aplikasi dari desktop (tepatnya dari Dock, karena saya pakai Mac). Lebih efektif, dan tampilan di layar pun jadi lebih bersih. Bahkan untuk saya yang menggunakan dual monitor.

Serunya, Franz mendukung berbagai platform desktop. Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan Linux. Yah, memang bukan aplikasi UWP Windows. Tapi lumayan, daripada tidak ada sama sekali.

Jadi, kalau kamu termasuk yang aktif ngobrol dan temanmu ada di berbagai aplikasi chatting, silakan coba Franz. Dijamin hidupmu akan lebih mudah.

Ada komentar?