4 Fungsi NFC Smartphone yang Wajib Kamu Ketahui

Untuk sebagian orang pasti sudah tak asing lagi dengan fitur yang satu ini, NFC adalah sebuah fitur komunikasi wireless kekinian yang saat ini banyak diterapkan pada smartphone-smartphone terbaru.

Dengan adanya fitur NFC ini, sekarang proses transfer data bisa dilakukan lebih sederhana dan lebih cepat.

Lalu, apasih sebenarnya fitur NFC itu? Bagi kalian yang sudah mengenal Wi-Fi dan Bluetooth, NFC adalah salah satu konektivitas yang fungsinya hampir mirip dengan kedua fitur tersebut.

Namun disini yang membedakan adalah proses implementasinya saja. Dimana NFC (Nеаr-Fiеld Cоmmunicаtiоn) merupakan teknologi komunikasi yang bisa digunakan antar peragkat pintar, serta bekerja dengan memanfaatkan sistem RFID (Rаdiо Frеquеncy Idеntificаtiоn), untuk dapat saling bertukar data pada jarak yang dekat, yaitu sekitar 4 inci saja.

Dan untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah fungsi atau implementasi NFC di kehidupan sehari-hari bagi para penggunanya.

Mempermudah proses pembayaran

Sumber Gambar : IDN Times

Sekarang, berkat adanya fitur NFC ini kamu tak perlu lagi membawa kartu debit maupun uang cash terlalu banyak saat ingin melakukan transaksi seperti berbelanja.

Fitur NFC ini telah terintegrasi dengan beberapa layanan perbankan seperti e-money, sehingga proses transaksi dapat dilakukan jauh lebih sederhana dan cepat.

Misal suatu saat nanti kamu sedang berbelanja barang di sebuah minimarket, nah dengan adanya fitur NFC ini kamu tinggal menempelkan NFC pada smartphone-mu ke NFC tag pasif di kasir untuk menyelesaikan pembayaran.

Pengganti tiket transportasi

Sumber Gambar : Pricebook

Fungsi yang kedua adalah bisa digunakan sebagai pengganti tiket transportasi, jadi NFC ini dapat mengubah karcis angkutan trasportasi lebih sederhana dan mudah digunakan.

Jika  biasanya kamu harus mengganti tiket di loket, maka kamu sekarang bisa langsung menuju gate dengan hanya tap NFC pada smartphone ke NFC tag pasif.

Agar fungsi tersebut dapat diaktifkan,kamu hanya cukup melakukan pengisian saldo tiket transportasi sebelum melakukan perjalanan.

Meningkatkan keamanan digital

Sumber Gambar : spaceku.com

Kemudian implementasi yang ketiga adalah, dengan menjadikannya sebagai kunci keamanan. Bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk membuka pintu rumah atau kantor.

Dengan adanya fitur NFC ini, maka kamu tak perlu lagi menggunakan kartu fisik yang dilengkapi magnet, sebagai identitas masuk.

Akses informasi produk lebih mendetail

Sumber Gambar : nfc.ae

Dan yang keempat adalah mengimplementasikan teknologi NFC ini pada materi promosi seperti dalam poster.

Untuk poster yang telah dilengkapi dengan NFC tag pasif, maka kamu cukup menghubungkannya pada NFC yang ada di smartphone-mu.

Dengan begitu kamu dapat melihat informasi lengkap terkait dengan produk tersebut, sehingga tak perlu lagi menggunakan brosur kertas yang tidak ramah lingkungan.

Sejauh ini penggunaan NFC memang semakin luas, namun apakah kehadirannya ini cukup terjamin?  Tentu saja sangat terjamin!

Hal ini karena NFC terlah melewati perjalanan panjang untuk berbagai uji keamanan, jadi sangat aman digunakan.

Selain itu, fitur NFC ini juga telah mendapatkan sertifikat khusus saat melakukan download data melalui TSM (Trustеd Sеrvicе Mаnаgеr), sеhinggа akan mеlindungi sеmuа dаtа yаng dimiliki оlеh kоnsumеn.

Dengan adanya semua penjelasan seperti diatas, tentu sekarang kamu tak perlu ragu lagi untuk beralih menggunakan fitur NFC ini.

Meskipun belum semua smartphone yang memiliki fungsi ini, namun dimasa depan nanti fitur NFC mungkin akan menjadi fitur penting yang wajib ada didalam smartphone.

Jadi bagi kalian yang smartphone-nya belum dilengkapi dengan fitur NFC, bersiaplah untuk mengganti smartphone-mu.