Cara Mengatur Fungsi Swipe di Aplikasi Gmail

gestur swipe aplikasi gmail

Sudah cukup lama aplikasi Gmail hanya mendukung dua tindakan untuk gestur swipe atau gulir (geser). Hanya untuk ‘arsip’ dan ‘hapus’. Namun akhirnya Google menambahkan tindakan lain untuk gestur swipe aplikasi Gmail.

Gestur swipe di aplikasi Gmail berfungsi untuk mengatur email di inbox dengan cepat. Kalau kamu sudah membaca email atau menganggap email itu tidak penting, kamu bisa menggeser email itu untuk memasukkannya ke Arsip atau menghapusnya.

Bagi beberapa orang, tindakan itu tidak cukup. Ada yang hanya ingin menandai email sebagai sudah dibaca atau belum, ada yang ingin membacanya nanti, atau ingin memindahnya ke folder tertentu. Keterbatasan aplikasi Gmail itu tentunya cukup menyebalkan.

Nah, sekarang Google menambah beberapa fungsi. Yaitu: Mengarsipkan, Menghapus, Dibaca / Belum Dibaca, Memindahkan, Menunda, atau tidak ada fungsi.

tindakan sapu aplikasi gmail

Gestur swipe aplikasi Gmail

Untuk memilih gestur ini, kamu bisa masuk ke setelan aplikasi Gmail.

  1. Tekan tombol ‘Menu‘ ☰.
  2. Masuk ke ‘Setelan‘ (di bagian paling bawah).
  3. Masuk ke ‘Setelan Umum‘.
  4. Masuk ke ‘Tindakan Sapu‘.
  5. Tekan tombol ‘UBAH‘ di salah satu gestur (geser ke kanan atau kiri).
  6. Tekan salah satu pilihan.

Nah, kamu sudah mengatur fungsi gestur swipe di aplikasi Gmail.

BACA JUGA
Cara Ganti Password Gmail atau Akun Google di Handphone

Untuk fungsi mengarsipkan, menghapus, dan dibaca / belum dibaca, kelihatannya sudah cukup jelas. Bagaimana dengan yang lain?

Fungsi ‘Memindahkan‘ atau ‘Move to‘ akan memberimu pilihan akan dimasukkan ke folder mana email yang bersangkutan. Sedangkan fungsi ‘Menunda‘ atau ‘Snooze‘, akan memberimu pilihan waktu, sehingga kamu akan diingatkan kalau email bersangkutan harus dibaca.

Mungkin tidak semua orang peduli dengan fungsi ini. Tapi percayalah, fungsi ini bisa membantumu membersihkan atau menata inbox dengan cepat. Sehingga kalau kamu sering berkorespondensi dengan orang lain lewat email, kamu tidak pusing dengan email lain yang mengganggu.

Nah, semoga tutorial mengatur fungsi swipe aplikasi Gmail ini bisa membantu. Selamat mencoba.

Ada komentar?