Kenali Tombol di Keyboard untuk Windows dan Fungsinya

Walau keyboard PC atau laptop sudah jadi bagian dari kegiatan komputasi sehari-hari, mungkin ada yang masih belum paham arti dari tombol-tombolnya. Nah, kali ini kami akan membahas tombol di keyboard Windows beserta fungsi yang mereka miliki.

Keyboard merupakan salah satu perangkat input di komputer selain mouse (desktop) atau trackpad (laptop). Susunan keyboard Windows sedikit berbeda dengan Mac. Terutama untuk tombol tertentu, seperti ‘Ctrl’ di Windows dan ‘Cmd’ di Mac.

Pada umumnya keyboard komputer yang ada di Indonesia memakai tata letak dengan format QWERTY dari Amerika. Di dalamnya, juga terdapat beberapa tombol dengan bahasa teknis. Mungkin tidak semua paham dengan tombol tersebut.

Untuk itulah kali ini kami akan membahas tombol-tombol tersebut secara umum.

Tombol di Keyboard untuk Windows

Keyboard memiliki banyak format tata letak (layout). Tata letak QWERTY โ€” dari deretan huruf paling atas โ€” merupakan yang paling umum. Selain itu, masih ada jenis tata letak lain tergantung produk keyboard dari merek tertentu.

Penjelasan soal tombol dan tata letak ini juga ada beberapa versi. Tapi di sini kami akan memakai yang berdasar penjelasan dari Microsoft.

tata letak keyboard Windows

Microsoft membagi pengelompokkan tombol di Keyboard untuk Windows menjadi 5 kategori. Seperti kamu lihat, masing-masing kategori punya karakteristik dan tombol unik.

Harap diperhatikan, di sini hanya ada penjelasan umum tentang tombol dan fungsinya. Untuk kombinasi kamu bisa membaca artikel tentang shortcut keyboard Windows.

Tombol Ketik (Alfanumerik)

Tombol ketik atau alfanumerik adalah rangkaian tombol yang berisi perangkat untuk menulis (mengetik), seperti huruf, angka, tanda baca, dan simbol. Di samping itu ada pula beberapa tombol dengan fungsi khusus untuk merubah bentuk. Kategori ini dibuat berdasar tombol dan fungsi alat yang dulu ada di mesin ketik.

Tombol Khusus

Shift Tekan tombol ini bersama tombol lain untuk merubah huruf kecil jadi huruf besar, atau merubah angka dan tanda baca menjadi simbol alternatifnya (yang terlihat tombol).
Shift sering disebut sebagai modifier key (tombol pengubah), bersama Ctrl dan Alt.
Caps Lock Tekan tombol ini sekali untuk mengetik dalam huruf besar. Tekan lagi untuk mematikan fungsinya. Biasanya ada lampu indikator yang menandakan fungsi ini aktif atau tidak.
Tab Ketika mengetik, tekan tombol ini untuk memajukan kursor dalam jarak tertentu (membuat inden). Tombol ini juga bisa dipakai untuk memindah pilihan yang ada di menu, dan punya fungsi lain jika dikombinasikan dengan tombol tertentu.
Enter Saat mengetik, tekan tombol ini untuk memindah kursor ke baris baru. Tombol ini juga berfungsi untuk mengeksekusi atau mengaktifkan fungsi menu atau pintasan yang dipilih.
Spacebar Tekan tombol panjang tanpa tanda ini untuk membuat spasi (memajukan kursor satu langkah).
Backspace Saat mengetik, tekan tombol ini untuk menghapus satu karakter sebelum kursor berada atau teks yang dipilih (seleksi).

Tombol Sistem / Kontrol

Tombol ini bisa dipakai sendiri, namun beberapa tombol sering dipakai untuk kombinasi bersama tombol lain.

Esc (Escape) Tombol ini biasanya berguna untuk mengeksekusi perintah: Keluar, stop, atau batal.
Ctrl (Control) Tombol ini lebih sering dipakai sebagai kombinasi untuk pintasan (shortcut), dan menjadi tombol utama pintasan yang umum.
Windowsย  Tombol ini berfungsi untuk membuka Start Menu.
Alt (Alternate) Tombol ini juga berfungsi sebagai kombinasi untuk pintasan (shortcut) seperti Ctrl dan bisa dipakai bersama tombol Ctrl.
Menu/Aplication Button (tombol aplikasi) Tombol ini sering dipakai untuk memunculkan context menu / pop-up menu (menu kontekstual). Bisa dipakai sebagai alternatif klik kanan di mouse.
PrintScr (print screen) / SysRq (system request) Tombol Print Screen dipakai untuk membuat tangkapan layar (screenshot). Walau kadang tertera di keyboard, fungsi SysRq tidak tersedia di Windows.
Scroll Lock Tombol ini biasanya juga tidak memberi efek apa-apa. Pada beberapa program, tombol ini akan mengubah perilaku beberapa tombol navigasi, bisa membuat dokumen bergeser tanpa mengubah posisi kursor atau seleksi.
Pause / Break Tombol ini juga jarang berfungsi. Dulu sering dipakai untuk menghentikan program.

Tombol Fungsi

Masing-masing tombol Fungsi dari nomor 1 sampai 12 (oleh karena itu ditulis F1, F2, …, F12) biasanya memiliki fungsi spesifik. Ada yang memiliki fungsi umum seperti F1 (Help / Bantuan) dan F5 (Refresh / Reload / Memuat ulang). Ada juga yang tergantung pada program tertentu, misalnya F2 di Excel untuk mengedit sel.

Tombol ini juga biasa dipakai sebagai kombinasi pintasan (shortcut).

Tombol Navigasi

Tombol-tombol ini berguna untuk memindah kursor pada ke arah atau posisi tertentu.

Panah Atas, Kanan, Bawah, Kiri ย Memindah kursor satu langkah atau menggeser halaman situs sesuai arah tombol.
Home Memindah kursor ke akhir baris atau memindah ke paling atas di situs web.
End Memindah kursor ke akhir baris atau memindah ke paling bawah di situs web.
PgUp (Page Up) Memindah kursor atau menggeser naik tampilan sejauh satu halaman layar.
PgDn (Page Down) Memindah kursor atau menggeser turun tampilan sejauh satu halaman layar.
Del (Delete) Menghapus karakter atau teks terpilih setelah kursor, atau menghapus obyek.
Ins (Insert) Mengaktifkan mode memasukkan atau mengganti. Bila aktif, mengetik akan mengganti semua teks yang ada setelah kursor (tidak menggesernya).

Tombol Numerik

Rangkaian tombol numerik ini berisi angka, fungsi aritmatika (tambah, kurang, kali, bagi), juga tanda koma seperti yang ada di kalkulator. Tombol-tombol ini memang tersedia juga di tombol keyboard lain. Namun pada kondisi tertentu, menggunakan tombol numerik bisa lebih cepat daripada di tombol alfanumerik.

Untuk mengaktifkan fungsi angka di keypad ini, kamu harus menekan tombol NumLock (number lock). Jika tombol NumLock tidak aktif, maka beberapa tombol akan berfungsi menjadi tombol arah.

%d blogger menyukai ini: