5 Gadget yang Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Para Disabilitas

Berbicara perihal teknologi, ini bukan hanya tentang benda-benda keren saja. Namun sebuah teknologi juga harus memiliki fungsi untuk membuat hidup manusia jauh lebih mudah atau bahkan menjadi lebih baik.

Bagi kita yang memiliki anggota tubuh lengkap dan memiliki fungsi tubuh yang sempurna, mungkin hadirnya teknologi kita rasakan sebagai sesuatu yang membuat hidup kita jauh lebih mudah dan menarik.

Namun untuk sebagian orang yang memiliki kekurangan, teknologi mampu memberikan dampak yang cukup besar bagi mereka, bahkan bisa menaikan kualitas hidup mereka.

Dan berikut adalah beberapa teknologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup para disabilitas.

Xbox Adaptive Controller

Sumber Gambar : TNW

Kali ini Microsoft berkonsultasi dengan beberapa organisasi seperti AbleGamers, Special Effect, Warfighter Engaged dan The Cerebral Palsy Foundation untuk meruntuhkan tembok penghalang bagi orang-orang dengan disabilitas yang tidak bisa bermain game.

Mempertimbangkan karena ada berbagai macam disabilitas, akhirnya Microsoft mendesain Xbox Adaptive Controller untuk bisa digunakan dalam berbagai pengaturan yang dapat memenuhi berbagai bentuk kekurangan.

Dengan hadirnya Xbox Adaptive Controller ini, para disabilitas dapat bermain game hanya dengan menggunakan satu tangan dan satu kaki, atau bahkan dengan menggunakan satu kaki dan satu dagu.

No Isolation AV1

Sumber Gambar : Dezeen

Teknologi cannggih yang kedua ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak dan remaja yang terkena penyakit jangka panjang.

Dengan adanya Robot No Isolation AV1 ini, mereka bisa tetap mengambil bagian dalam pelajaran di sekolah, ketika mereka tidak bisa hadir.

Robot AV1 akan duduk di ruang kelas sebagai pengganti anak tersebut, sekaligus berperan sebagai mata dan telinga mereka.

Robot canggih ini dibekali dengan mikrofon dan kamera bawaan, sehingga anak tersebut dapat melihat dan mendengar apa saja yang terjadi di ruang kelas.

Lebih kerennya lagi, anak tersebut juga dapat berbcara melalui bot, jadi mereka tetap bisa berinteraksi dengan teman sekelasnya.

Storysign App by Huawei

Sumber Gambar : TechieLobang

Storysign ini adalah aplikasi yang dirancang oleh Huawei unntuk membantu anak-anak yang tuli agar bisa membaca buku.

Menurut Huawei, salah satu kesulitan bagi anak-anak tuli untuk membaca adalah, kurangnya sumber daya yang menjembatani antara bahasa isyarat dan membaca.

Aplikasi Storysign ini dapat membaca kata-kata dari buku yang telah kamu pilih, kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa isyarat melalui avatar StorySign yang bernama Star.

Huawei juga menerapkan teknologi AI dalam aplikasi tersebut, sehingga memungkinkan orang tua dan anak-anak untuk belajar bahasa isyarat secara perlahan.

Dot Watch

Sumber Gambar : Pocketnow

Dot Watch adalah teknologi yang diciptakan di Korea dan diperuntukan untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan penglihatannya.

Dot Watch ini merupakan jam pertama yang menggunakan huruf braile. Layaknya jam pintar yang lainnya, Dot Watch juga bisa disambungkan dengan smartphone.

Bagi mereka yang belum mengerti huruf braile, bisa juga belajar melalui jamย  ini.

Liftwear Steady Spoon

Sumber Gambar : Amazon.com

Mungkin teknologi yang satu ini terlihat tidak begitu berguna, namun Liftwear Steady Spoon ini justru sangat membantu bagi orang-orrang yang tangannya mengalami tremor.

Sendok canggih ini dapat membantu agar makanan tidak terjatuh, meskipun tanganmu sedang bergetar.

Tentunya sendok ini akan sangat memudahkan dan membantu mereka yang mengalami kesulitan akan hal tersebut.

Nah itu dia beberapa teknologi canggih yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup para disabilitas. Semoga dengan adanya teknologi-teknologi ini akan lebih memudahkan hidup mereka. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!