Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Gadget yang Menyebabkan Banyak Orang Meninggal Dunia

Indri Penulis

Dalam era modern saat ini, hampir semua manusia tidak bisa terlepas dari teknologi. Semua hal saat ini pasti selalu berkaitan dengan teknologi.

Memang tidak bisa dipungkiri, teknologi bisa membantu manusia dalam berbagai aspek. Dari segi kehidupan, pendidikan, kesehatan, pekerjaan, bahkan urusan sosial sudah tidak bisa terpisah dengan teknologi.

popculture.id

Walaupun memberikan banyak manfaat yang tidak terduga dalam kehidupan, rupanya ada beberapa teknologi yang justru bisa menyebabkan kematian, terutama untuk anak-anak.

Pada kesempatan ini, kami telah merangkum beberapa gadget yang paling banyak menyebabkan kematian. Beberapa gadget berbahaya tersebut antara lain:

Baterai Seukuran Kancing

Sumber Gambar : Jakarta Notebook

Baterai ini berbentuk koin dengan ukuran yang sangat kecil. Baterai ini biasa digunakan pada jam tangan, remote control, mainan anak, atau benda lain yang membutuhkan baterai ukuran kecil.

Walaupun baterai ini telah digunakan sejak dulu, namun siapa sangka bila benda mini ini justru dapat membahayakan nyawa seseorang.

Menurut National Capital Poison Center (NCPC) di Washington, DC. Sejak tahun 1985 setidaknya lebih dari 60.000 orang menelan baterai kancing.

Hal tersebut pada akhirnya menyebabkan lebih dari 3.500 orang cedera. Sementara itu terdapat 9 kasus kematian akibat menelan baterai kancing.

Yang lebih mengejutkan adalah, sebagian besar korban dari baterai kancing adalah anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Baterai kancing bisa terjebak di dalam tenggorokan anak-anak. Hal tersebut kemudian bisa menyebabkan luka bakar kimia yang sangat parah.

Efek akan mulai dirasakan setelah beberapa menit menelan baterai. Kemudian selang 2 jam, baterai bisa membakar lubang kerongkongan atau dimana benda tersebut tersangkut.

Oleh karena itu, orang tua dihimbau harus berhati-hati. Jangan meninggalkan baterai kancing sembarangan. Sebab anak-anak berpotensi menelan benda kecil tersebut.

Sementara itu, baterai yang menimbulkan resiko paling bahaya diberi label CR 2032, CR 2025 dan CR 2016, atau BR 2032, BR 2025 dan BR 2016, dll.

Mesin Penghancur Kertas

Sumber Gambar : Harga Terbaik

Mesin ini sebenarnya tidak hanya dapat mengancam dokumen yang sensitif. Namun terdapat kasus di tahun 2010, dimana CPSC memperkirakan ada 2.700 kunjungan ke ruang gawat darurat.

Kunjungan tersebut disebabkan oleh insiden penghancur kertas. Alasan seseorang bisa masuk ke dalam UGD bervariasi.

Dimulai dari jari yang terjebak ke penghancur kertas, jatuh tersenggol alat penghancur kertas hingga menyebabkan cedera kaki, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjauhkan anak-anak dari mesin tersebut.

Alat Monitor Bayi

Sumber Gambar : Jakarta Notebook

Monitor bayi memang penting dan harus dipasang di sekitar tempat tidur anak. Namun rupanya alat tersebut juga dapat meningkatkan resiko anak tercekik.

Hal ini disebabkan oleh anak yang tergoda, untuk bermain dengan kabel monitor bayi yang tidak jauh dengan jangkauan mereka.

CPSC bahkan telah mencatat, setidaknya terdapat 7 bayi dan balita yang tercekik tali monitor bayi. Sementara itu, ada 3 bayi dan balita yang hampir tercekik sejak 2002. Kemudian korban termuda dari insiden tersebut berusia 6 bulan.

[irp posts=”56159″ name=”5 Challenge Media Sosial Tidak Penting dan Menantang Bahaya”]

Televisi

Sumber Gambar : Bukalapak

Menurut CPSC, rata-rata satu anak meninggal setiap dua minggu. Hal tersebut disebabkan oleh TV atau furniture lain menimpa anak.

Bahkan setiap tahun, rata-rata terdapat lebih dari 18.000 anak berusia delapan tahun, dan lebih muda terluka dengan cara yang serupa.

Mungkin orang tua berpikir tentang bagaimana mencegah anak jatuh dari tangga, tidak terkena pisau dapur, atau menjauhkan anak dari kompor.

Namun TV atau furniture lain yang dimiliki juga menyimpan bahaya tersembunyi. Bahkan TV kuno yang berukuran besar pun, bisa menjadi tidak stabil apabila bertengger di rak buku atau tempat lebih kecil.

Handphone

Sumber Gambar : Womens Running

Setidaknya ada banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi. Salah satu kelalaian pengemudi yang paling banyak adalah, berkendara sambil menggunakan handphone.

Walaupun telah ada himbauan tentang bahaya berkendara sambil menggunakan handphone, namun hingga kini masih banyak orang yang mengabaikan larangan tersebut.

Menurut administrasi Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, ponsel menjadi faktor dalam 18% kematian akibat mengemudi. Hal tersebut menyebabkan 995 kematian pada tahun 2009.

    %d blogger menyukai ini: