Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Bikin Gambar Banner & Profil Supaya Channel Youtube Keren

Anom Penulis

Kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat gambar banner dan profil untuk channel YouTube. Sekaligus dengan aplikasi yang bisa kamu pakai untuk membuatnya. Silakan duduk manis dan baca artikel ini pelan-pelan.

Gambar banner dan profil YouTube adalah salah satu elemen penting bagi sebuah channel. Karena ketika seorang pengunjung membuka channel YouTube milikmu, hal itulah yang akan tampak mendominasi pertama kali.

popculture.id

Tapi mungkin ada yang masih awam dengan istilah ini. Nah, mari kita mulai dari hal yang paling dasar.

Gambar Banner & Profil di Channel YouTube

Banner adalah gambar yang berada di bagian atas di halaman utama channel YouTube. Gambar ini bisa berguna untuk memberikan kesan atau memberitahu pengunjung tema apa yang kreator bicarakan di channel tersebut.

Misalnya jika itu channel memasak, kreator bisa memasang foto peralatan masak, suasana dapur, dll; Jika itu channel fotografi, maka sang fotografer bisa menampilkan kamera, lensa, lampu, dll.

Untuk gambar profil mungkin sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Gambar ini mewakili kamu di berbagai bagian YouTube, seperti di deskripsi video, kolom komentar, hasil pencarian, bahkan bisa juga untuk watermark.

Membuat Gambar Banner & Profil

Supaya sebuah gambar tampil dengan bagus, ada ukuran tertentu yang harus kamu penuhi. Kalau kamu bingung bagaimana membuatnya, ada banyak aplikasi yang bisa membantumu. Aplikasi yang kami pakai di sini adalah Fotor.

Tips: Sebaiknya tentukan beberapa warna yang akan menjadi identitas channel, dan kamu terapkan pada gambar profil (logo) juga pada banner.

Membuat Gambar Profil

Sebagai aplikasi editor foto dan desain, Fotor bisa kamu pakai untuk membuat gambar profil YouTube. Ada beberapa fitur menarik untuk ini.

Kalau kamu mau menggunakan foto sebagai gambar profil, Fotor memiliki fitur menghapus latar belakang secara otomatis. Kamu juga bisa mengganti latar itu dengan warna atau gambar latar belakang lainnya.

buat gambar profil di fotor

Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan foto supaya pencahayaan bagus hanya dengan satu kali klik. Lalu jika butuh (misalnya ukuran fotomu kecil), ada tool untuk memperbesar resolusi gambar foto.

Di samping itu, kamu juga akan menemukan berbagai peralatan edit foto lain. Pilihan lainnya, jika kamu mau membuat logo, Fotor juga menawarkan berbagai elemen grafis seperti bidang dan garis, termasuk juga font.

Tips:

  • Karena gambar profil YouTube tampil dalam bentuk lingkaran, ada baiknya kamu crop foto dalam bentuk bujur sangkar berukuran minimal 800 x 800 piksel.
  • Usahakan wajah atau obyek utama ada di tengah.
  • File berupa gambar JPG, GIF, BMP, atau PNG (bukan animasi GIF)

Membuat Gambar Banner

Dengan Fotor, kamu bisa membuat banner YouTube dengan mudah, karena sudah ada template yang disediakan. Pilih salah satu template banner YouTube yang sesuai dengan tema channel-mu. Lalu kamu bisa pilih dan edit bagian di dalam gambar dengan peralatan yang ada, agar sesuai dengan citra channel-mu.

template banner youtube di fotor

Kamu bisa mengganti warna, mengganti huruf, menambahkan bayangan, mengatur transparansi obyek, memindah susunan (depan belakang), mengatur ukuran, dll.

Tips:

  • Ukuran ideal gambar banner untuk channel YouTube adalah 2560 x 1440 (rasio 16:9)
  • Usahakan obyek utama di tengah, karena gambar bisa tampil terpotong saat menyesuaikan ukuran layar perangkat.
  • Ukuran file maksimal: 6 MB.

Unggah Gambar Banner & Profil di YouTube

Setelah semua file kreasimu sudah kamu download, kini saatnya memasangnya di YouTube. Nah, silakan ikuti langkahnya.

Mengunggah Gambar Profil

  1. Masuk ke YouTube Studio.
  2. Pada menu sebelah kiri, pilih Penyesuaian lalu Branding.
  3. Klik UBAH lalu pilih gambar.
  4. Sesuaikan ukuran gambar, lalu klik SELESAI.
  5. Klik PUBLIKASIKAN.

Harap perhatikan, perubahan bisa memakan waktu beberapa menit supaya bisa tampil di seluruh halaman YouTube. Jadi kalau belum berubah, jangan takut.

Mengunggah Gambar Banner

  1. Masuk ke YouTube Studio .
  2. Pada menu sebelah kiri, pilih Penyesuaian lalu Branding.
  3. Klik UBAH lalu pilih gambar.
  4. Untuk membuat perubahan, pilih pratinjau dan sesuaikan potongan gambar, lalu klik SELESAI.
  5. Klik PUBLIKASIKAN.

Channel YouTube Lebih Dikenal

Nah, kamu kini sudah memasang gambar banner dan profil YouTube. Kalau kamu menerapkan branding dengan benar (warna, grafis, font, dll yang senada), channel YouTube milimu akan memiliki tampilan khas.

Dengan begitu, ketika kamu membuat komentar atau membagi video di media sosial lain, orang akan dengan mudah mengenalinya. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kalau sudah kenal bisa jadi sayang.

Bukankah begitu? Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: