Call Me Emperor – Game yang Cocok Buat Pecinta C-Drama Kolosal

Suka drama China kolosal? Kalau iya, kalian mungkin bisa coba main game Call Me Emperor. Baca artikel ini untuk ketahui cara mainnya.

Akhir-akhir ini saya sedang hobi menonton drama China (C-Drama) bertema kolosal. Sejak saat itu, saya iseng-iseng mencari game bertema kolosal di Play Store.

Sampai akhirnya, saya menemukan game Call Me Emperor. Penasaran, akhirnya saya pun memainkan game ini. Sudah 2 hampir dua bulan ini saya memainkan game ini.

Menurut saya, game ini lumayan seru dan cocok sekali untuk para pecinta C-Drama kolosal. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini untuk share hal-hal seputar game Call Me Emperor.

Sekilas Tentang Game Call Me Emperor

Call Me Emperor (CME) adalah game strategi single-player. Game ini dibuat oleh Clicktouch Co. dan rilis pada tahun 2019.

Sampai artikel ini ditulis, game ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna Play Store. Game ini mendapat skor ulasan bintang 3.

Untuk memainkan game ini, kalian perlu melakukan registrasi lebih dulu. Bisa memakai akun Facebook atau email. Kalau saya sih lebih suka pakai akun Facebook, biar bisa langsung gabung ke grub Facebook-nya.

Grafis

Tampilan Pusat Kota

Soal grafis, saya akui game ini sudah bagus. Mulai dari penataan kota, bangunan-bangunan dalam istana, penggambaran karakter, dll, semua oke.

Hal yang paling saya sukai dari game ini adalah penggambaran karakternya. Setiap karakter memiliki ciri khas serta aura yang kuat. Baju-baju yang mereka gunakan juga didesain dengan bagus.

Grafis selanjutnya yang saya suka adalah desain kota. Game ini punya dua wilayah utama, yakni di pusat kota pemerintahan (area kerajaan) dan luar kota.

Pusat kota terdiri dari bangunan-bangunan penting seperti Govermance Hall, The Imperial Academy, Education Room, Banquet Hall, Harem, dll. Setiap bangunan dibuat mewah sama seperti kerajaan di dunia nyata.

Sedangkan area luar kota berisi tempat penduduk tinggal. Ada juga beberapa lokasi wisata seperti danau, air terjun, hutan. Penggambaran area ini juga sangat bagus dan terlihat sangat alami.

Gameplay

Saat artikel ini ditulis, saya sudah mencapai level 19. Jadi gameplay-nya pun sudah jauh lebih banyak. Tidak hanya itu, bangunan-bangunan yang sebelumnya terkunci sekarang sudah bisa dibuka.

Dalam game ini kalian bakal menjadi seorang kaisar. Meski namanya kaisar, tapi avatar yang disediakan bisa disesuaikan dengan gender kalian.

Namanya juga kaisar. Kalian akan mengatur urusan seluruh negara. Mulai dari pemerintahan, harem (istana dalam tempat selir dan ratu), sampai memilih penerus tahta kerajaan.

Oya, kalau bicara soal gameplay, game ini sangat luas. Jadi saya bakal bahas gameplay-nya secara umum saja ya.

Mengurus Pemerintahan

Sama seperti di dunia nyata, kaisar di sini bakal dibantu oleh banyak Menteri. Kalian bisa mendapatkan Menteri lewat jalur seleksi atau perekrutan khusus.

Bagian Dalam Govermance Gall

Setiap Menteri punya skill berbeda-beda. Ada yang unggul dalam hal militer, politik, perdagangan, pertanian, dan ada juga yang bisa semua. Tergantung levelnya.

Imperial Academy

Agar kekuatan pemerintahan kalian semakin kuat, kalian harus mendidik para Menteri. Caranya bisa dengan memberi buku skill, menaikkan level mereka, atau memberikan Grain Fruit (penambah skill) ke mereka di Imperial Academy.

Parade Ground

Nah, setelah Menteri kalian cukup kuat, kirim mereka ke arena Parade Ground. Ini adalah tempat mereka lomba debat dengan Menteri dari kerajaan lain. Kalau menang, skill Menteri dan kekuatan kalian bakal bertambah.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengajak Menteri pergi berburu ke hutan. Setiap perburuan, Menteri kalian juga bakal dapat reward, yakni berupa peningkatan skill.

Stage

Terakhir, ajak para Menteri ke Stage untuk berperang melawan musuh. Saat dalam mode perang, tentara kalian bakal berkurang jumlahnya. Sedangkan para Menteri baru akan bertarung untuk melawan Boss Villain-nya.

Banyak Harta, Banyak Selir

Namanya kaisar, pasti punya selir. Harem adalah tempat di mana selir kalian tinggal. Namun sebelum menikahi mereka, ada beberapa cara khusus untuk mendapatkannya.

Harem

Beberapa consort/selir bisa didapatkan via Recruitment, VIP (berbayar) dan gratis. Setiap selir pasti memiliki hubungan kerabat dengan Menteri kalian.

Tidak hanya itu, mereka juga bisa memberikan tambahan kekuatan untuk pemerintah. Sama seperti Menteri, mereka juga punya tambahan kekuatan militer, politik, pertanian, dan perdagangan.

Consort Sisi

Menariknya, di sini kalian bisa mempromosikan selir ke tingkat yang lebih tinggi. Tingkat yang paling tinggi adalah level IX, yakni seperti Empress / Ratu.

Sumber Gambar : Tea Party

Para selir juga punya acara khusus seperti Menteri. Kalau para Menteri punya acara Parade Ground, maka selir-selir kalian bakal lomba debat di acara Tea Party. Di acara ini, kalian bakal bertemu dengan selir milik pemain lain.

Memilih Putra Mahkota

Pemilihan putra mahkota sebenarnya sangat mudah. Setiap kalian mengunjungi selir di Harem, mereka bakal memberikan keturunan ke kalian. Ada yang menjadi puteri, ada juga yang menjadi pangeran.

Education Room

Saat masih kecil, kalian harus memberikan edukasi ke mereka di Education Room sampai besar. Misalnya mengajak mereka bermain, memberi mereka makan, atau mengajak mereka belajar bersama.

Kalau sudah besar, ada dua pilihan. Pertama kalian menikahkan mereka dengan putri/pangeran milik pemain lain, atau menjadikan salah satu dari mereka putra mahkota.

Pemilihan Putra Mahkota di Crown Prince Mansion

Hanya pangeranlah yang bisa dipilih sebagai putra mahkota. Semakin tinggi level putra mahkota, maka semakin tinggi pula kekuatannya. Oya, di sini putra mahkota juga akan menjadi Menteri yang membantu pemerintahan lho.

Ikut Aliansi

CME adalah game online. Meski single player, tapi di game ini kalian juga bakal bertemu dengan pemain lain. Salah satunya yakni dengan bergabung ke aliansi.

Alliance

Ada banyak keuntungan saat kalian gabung ke aliasi. Pertama bisa menambah teman. Kedua, kalian bakal lebih mudah mendapat tambahan kekuatan.

Di sini kalian bakal diajak membangun aliansi bersama-sama. Caranya yaitu dengan menyumbang Gold untuk pembangunan aliansi. Semakin besar kontribusi kalian ke aliansi, semakin besar pula peluang kalian terpilih jadi ketua aliansi.

Hands-on Game CME

Sejak yang saya mainkan, game ini cukup menarik. Saat dimainkan, game berjalan dengan lancar. Yah, asalkan koneksi internet kalian bagus, maka tidak akan ada masalah saat memainkannya.

Satu-satunya hal yang kurang saya sukai dari game ini adalah sistem Gatcha di dalamnya. Memang, setiap pemain tidak wajib menggelontorkan uang.

Tapi buat pemain gratisan seperti saya, rasanya kita telah ketinggalan jauh dengan pemain VIP. Apalagi perbandingan item gratisan dengan VIP sangat tinggi.

Contoh VIP

Misalnya untuk mendapatkan selir dan Menteri legends. Mereka hanya bisa didapatkan lewat jalur VIP. Harganya pun sangat mahal. Sementara tidak ada cara lain untuk mendapatkannya.

Belum lagi saat ada event-event tertentu di CME. Pasti yang memenangkan event adalah pemain VIP. Pemain gratisan jarang yang masuk peringkat 20 besar. Reward yang didapat juga tidak seberapa.

Yah namanya game, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi perlahan game ini mungkin bakal tambah populer, khususnya di Indonesia. Karena saya lihat sekarang sudah ada banyak pemain Indonesia yang bergabung ke CME.

Download

Download

%d blogger menyukai ini: