Ternyata Bisa Lho Main Game Flappy Bird di Notifikasi macOS

Kamu tentunya tahu kan bagaimana notifikasi muncul di macOS? Nah, ternyata notifikasi itu bisa buat main game. Yah, paling tidak ada yang berhasil main game Flappy Bird di notifikasi macOS.

Orang itu adalah seorang developer bernama Neil Sardesai. Ia sebelumnya juga sempat ngetop gara-gara menunjukkan sebuah klip video game Pong yang dimainkan di ikon aplikasi macOS. Jadi sebenarnya, kalau melihat kadar ke-selo-an sang developer, mungkin kita tidak heran lagi.

Neil melakukan hal ini dengan memuat versi web game Flappy Bird ke dalam notifikasi tersebut. Sedangkan versi web itu sendiri merupakan hasil klon buatan Will Eastcott (PlayCanvas) dari versi aslinya.

Neil menyebutkan kalau permainan ini bisa masuk karena adanya UserNotificationsUI framework yang Apple tambahkan di macOS Big Sur. Menurutnya, hal ini juga seharusnya bisa berlaku di iOS.

flappy birds macos notification

Yang namanya notifikasi, entah itu di smartphone atau di komputer, kini sudah semakin interaktif. Bukan sekedar untuk pemberitahuan semata. Ya, misalnya kita sudah bisa menentukan tindakan seperti membalas pesan, menandai, dll. Tapi untuk main game?

Yah, kayaknya sudah cukup jelas kalau notifikasi bukan tempat ideal untuk main game. Tidak semua orang juga mau main game di lokasi itu. Agak nggak nyaman kan?

Tapi mungkin tergantung jenis game juga. Yah ada alasannya kenapa Flappy Bird yang dipilih untuk dimainkan di notifikasi macOS ini. Jenis arcade mungkin memang pas disempilkan di berbagai tempat (termasuk jadi easter egg).

Bagaimanapun Neil Sardesai sudah menunjukkan kemungkinan tersebut. Kadang, hal seperti inilah yang mendorong perkembangan teknologi. Ya kan?

%d blogger menyukai ini: