Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah 3 Game Jadul Dengan Grafis yang Luar Biasa Hingga Sekarang

Indri Penulis

Dalam industri game, gameplay adalah kunci utama dalam kesuksesan sebuah game. Gameplay jugalah yang akan membuat pemain merasa game itu bagus atau tidak.

Graphic doesn’t make a game, gameplay does.”

popculture.id

Itu adalah sebuah pepatah yang selama ini banyak dipercayai orang. Tapi sebenarnya harus diakui, bahwa grafis yang bagus juga bisa menjadi nilai plus dari sebuah game.

Seiring berjalannya waktu, grafis akan terus berkembang. Mungkin jika sebelumnya grafis pada game hanya terlihat seperti tumpukan ‘dot’, saat ini sudah menjadi lebih indah dan terlihat realistis.

Perkembangan grafis dalam dunia game memang berkembang sangat cepat. Mungkin beberapa tahun lalu kalian pernah menganggap sebuah game mempunyai grafis yang sangat keren.

Namun hal itu berbeda dengan saat ini. Bisa jadi, game yang dulu dipandang punya grafis bagus, saat ini justru dinilai mempunyai grafis yang buruk.

Lalu apa kalian pernah memainkan game lama? Atau mungkin kalian baru pertama kali mencoba game jadul tersebut, dan tetap terpukau dengan kualitas grafis yang dimilikinya?

Memang tidak semua game jadul punya grafis yang buruk serta ketinggalan zaman. Sebab hingga kini masih ada gamegame jadul dengan grafis masih bagus dan tidak terlihat kuno.

Berikut ini beberapa game jadul dengan grafis yang masih terlihat bagus.

S.T.A.L.K.E.R: Shadow of Chernobyl (2007)

Sumber Gambar : YouTube

Game ini adalah franchise first person survival horror, yang dikembangkan oleh GSC Game World pada tahun 2007. Game ini mendapatkan respon bagus dari banyak kritukus.

Bahkan game post apocalyptic yang berlatar di Chernobyl ini dapat dikatakan sebagai ‘under the radar’ dari banyak gamer. Sebenarnya tidak banyak orang tahu tentang perilisan game ini.

Tapi seiring berjalannya waktu, S.T.A.L.K.E.R mulai menuai popularitas. Bahkan game ini telah menghasilkan salah satu mod community terbesar hingga saat ini.

Mengenai kualitas grafis yang dimiliki game ini, tanpa bantuan mod grafis saja sudah banyak dirilis pada website modding. Selain itu game ini juga masih terlihat bagus, ditambah lagi dengan adanya post apocalyptic yang sangat kuat.

Sekilas info, sebenarnya game ini dulu dibuat hanya dengan budget terbatas. Oleh sebab itu, GSC Game World memang sangat berbakat, karena bisa menciptakan underrated gem dengan budget terbatas.

Download

Need for Speed: Most Wanted (2005)

Sumber Gambar : Reddit

Mungkin game telah menjadi seri favorit dari banyak gamer. Waktu dulu, NFS telah dikenal dengan grafis yang sangat bagus. Dan hal tidak berubah sampai saat ini.

Walaupun tidak sebagus reboot yang dilakukan pada tahun 2012 lalu, tapi untuk game dengan umur yang telah mencapai 11 tahun, maka kualitas visual dari game ini masih dapat memanjakan mata gamer.

Half Life 2 (2004)

Sumber Gambar : YouTube

Ketika pertama rilis, banyak pihak tidak berhenti membicarakan game yang satu ini. Dimulai dari gameplay bagus, jalan cerita super menegangkan, karakter menarik, kualitas grafis, dll.

Walaupun sudah berumur 12 tahun, namun Source Engine hingga kini masih digunakan oleh Valve maupun developer lainnya. Titanfall yang notabene menajdi game pembuka generasi baru Xbox, juga masih menggunakan Source Engine.

Sementara untuk Half Life 2 sendiri, game ini masih tetap memukai banyak gamer. Half Life 2 pernah didaulat sebagai game terbaik PC oleh majalah PCgamer.

Mengingat ini adalah game buatan tahun 2004, PC jadul kalian pasti dapat memainkan game yang satu ini. Oleh sebab itu, kalian harus coba game satu ini.

Download

    %d blogger menyukai ini: