5 Keunggulan Game Jaman Dulu vs Game Sekarang

game jaman dulu warcraft

Hay Urban people, kalian pasti pernah bermain game bukan? Baik itu di PC maupun lewat smartphone. Nah, ngomongi soal game, game zaman sekarang ini memang mempunyai grafis serta gameplay yang sangat bagus. Terlebih jika dibandingkan dengan game tempo dulu. Tapi jangan salah, walaupun game zaman now terbilang ‘Oke’. Namun ada beberapa hal yang tidak ada dalam game zaman now, justru ada dalam game tempo dulu.

Tentu saja game jaman dulu memiliki “fitur” nostalgia yang tidak dimiliki oleh game-game modern saat ini. Tapi apakah hanya itu saja? Inilah kelebihan game tempo dulu jika dibandingkan dengan game zaman now.

Tidak Perlu Online

Secara tidak sadar, game zaman now kebanyakan menuntut kalian harus online untuk bisa memainkannya. Meskipun game tersebut merupakan game single player sekalipun. Ya walaupun tidak semua game menuntut kalian harus online dalam memainkannya. Tapi setidaknya hal ini cukup menjengkelkan untuk beberapa orang. Karena pasti tidak semua orang bisa mempunyai koneksi internet setiap waktu bukan?

Bayangkan saja, misalnya kalau kalian sedang camping di tempat yang minim sinyal seperti di hutan atau gunung. Lalu kalian sudah mulai bosan dan ingin bermain game. Atau disaat kalian ingin melanjutkan progress game, tapi malah paket data kalian habis. Gak kebayang juga kan, lagi asik-asiknya main game, tiba-tiba koneksi internet kalian terputus. Padahal itu merupakan game single player.

Sebenarnya hal tersebut dilakukan bukan tanpa tujuan. Hal itu diterapkan agar game terhindar dari pemain curang yang menggunakan cheat. Dengan begitu akan lebih mudah memblokir pemain karena akun mereka otomatis terhubung ke server serta metode game yang always-online.

Hal ini biasanya juga akan diterapkan dalam game AAA sebagai proteksi dari tindak pembajakan. Tapi memang terbukti kok. Selama ini game yang selalu online belum pernah terbobol misalnya seperti game Need For Speed 2015.

[irp posts=”52340″ name=”10 Game Offline Untuk Hiburan Saat Fakir Sinyal”]

Tidak Ribet

Kalau kalian bermain game tempo dulu, paling tinggal memasukkan kaset lalu kalian sudah bisa masuk ke menu game. Tapi kalau game zaman now, kebanyakan jika kalian akan memainkannya, pertama kali pasti harus menginstall game itu terlebih dahulu. Tentu saja hal ini akan membuang waktu kalian. Padahal jika dipikir-pikir, waktu untuk install game bisa kalian pergunakan untuk bermain game.

Belum lagi terkadang ada pembaharuan sampai bergiga-giga. Sementara kecepatan internet kalian sangat lambat. Pasti hal tersebut bikin frustasi bukan? Waktu yang bisa digunakan untuk bermain game justru terbuang sia-sia untuk hal yang menjengkelkan seperti itu. Ya walaupun tidak bisa dipungkiri hal tersebut perlu dilakukan demi kebaikan game itu sendiri. Tapi cukup mengesalkan.

Cheat Legal

Buat gamer veteran, cheat merupakan salah satu hal yang paling wajar dilakukan. Hal tersebut karena game zaman dahulu tidak seperti sekarang yang tingkat kesulitannya membuat kalian merasa kesal.

Berbeda dengan sekarang. Cheat dipandang sebagai salah satu hal yang ilegal dan paling dibenci oleh gamer. Tapi untuk gamer lawas justru hal tersebut  yang paling penting dan dipuja karena cheat dulu hanya ada dalam game single player saja. Sementara untuk game multiplayer belum terlalu populer seperti saat ini.

Kalian bisa bebas menggunakan cheat dan yang paling dikenal semua orang adalah Gameshark!. Ini merupakan sebuah cheat yang berbentuk seperti kepingan CD dan sering digunakan untuk membantu kemudahan progress game seperti uang yang tidak ada batasnya, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi beberapa keunggulan game tempo dulu dibandingkan dengan game zaman now. Apa kalian juga merupakan orang yang berpikiran sama soal hal di atas? Atau menurut kalian masih ada kelebihan lain yang ada dalam game tempo dulu?