12 Game Mobile Paling Populer dan Berpengaruh

game mobile paling populer

Kali ini saya mau membahas game mobile paling populer dan paling berpengaruh. Heh, memang terkesan sedikit ambisius. Tapi saya pikir hal ini menarik untuk dibahas.

Memilih game mobile paling populer jelas tidak mudah. Karena ada yang namanya tren dan selera. Pilihan tiap orang, tiap daerah, tiap generasi, bisa berbeda. Di sisi lain, harus kita akui ada beberapa game yang begitu menonjol, bahkan mempengaruhi tren yang ada.

Itulah kriteria yang saya pikirkan. Game mobile ini harus populer, (pernah atau masih) beredar di papan atas bursa aplikasi, mungkin juga identik dengan gameplay atau elemen game tertentu, dan mempengaruhi tren saat itu.

Sepakat? Mari kita mulai.


Baca juga: 6 Game Mobile yang Asik dimainkan di Windows PC


Angry Birds

Angry Birds game mobile paling populer

Angry Birds mungkin adalah game mobile paling populer di antara semuanya. Rovio merilis Angry Birds pertama kali untuk iOS dan Maemo pada tahun 2009. Sejak saat itu, Angry Birds berkembang dalam berbagai seri dengan berbagai tema, termasuk Star Wars.

Game ini sudah memiliki film layar lebar sendiri pada tahun 2016 dan arena bermain di beberapa taman hiburan di berbagai negara.

SITUS RESMI

Candy Crush Saga

game populer candy crush

Candy Crush Saga adalah sebuah game puzzle tiga-jadi buatan King, dan dirilis pada tahun 2012. Game ini dikenal sebagai salah satu game gratis dengan pembelian dalam aplikasi yang paling sukses. Tentunya kalian pernah melihat permintaan teman soal Candy Crush di timeline Facebook kan?

Dua sekuel Candy Crush Saga, yaitu Candy Crush Soda Saga dan Candy Crush Jelly Saga hadir menyusul kemudian. Game ini juga akan muncul di beberapa bagian film The Emoji Movie mendatang.

SITUS RESMI

Clash of Clans

clash of clans game mobile terbaik

Clash of Clans adalah sebuah game gratis bergenre MMOS (massively multiplayer online strategy) yang dipublikasikan oleh Supercell. Game ini pertama kali dirilis di iOS pada tahun 2012.

Keberhasilan Clash of Clans berhasil memicu munculnya banyak game sejenis, tidak hanya dengan gameplay yang serupa, tapi juga dengan desain karakter yang mirip. Tapi Clash of Clans terbukti tidak terhentikan. Sampai sekarang pun, game ini masih duduk di jajaran game mobile terbaik di bursa aplikasi.

SITUS RESMI

Plants VS Zombies

game plants vs zombies

Plants VS Zombies adalah game pertahanan menara (tower defense) yang aslinya dirilis oleh Pop Cap untuk Windows dan OS X. Perpaduan karakter yang janggal antara tanaman di kebun melawan zombie tidak menghentikan kepopuleran game ini.

Gameplay dan perpaduan karakter yang unik ini justru memicu banyaknya game pengikut lain. Plants VS Zombies juga sudah memiliki beberapa sekuel di berbagai platform. Saat ini, Plants vs Zombies juga masih duduk di papan atas game mobile terbaik di berbagai bursa aplikasi.

SITUS RESMI

Fruit Ninja

game fruit ninja

Fruit Ninja adalah sebuah game arcade buatan Halfbrick yang dirilis pertama kali tahun 2010. Game ini menjadi sebuah contoh permainan sederhana dengan gameplay cerdas yang mencandu.

Fruit Ninja juga mungkin menjadi salah satu game dengan dukungan perangkat terbanyak, mulai dari sistem operasi bergerak lama — seperti Symbian dan Bada — sampai ke konsol Xbox One. Walau dirilis sudah cukup lama, Fruit Ninja masih masuk top charts di bursa aplikasi saat ini.

SITUS RESMI

Flappy Bird

flappy bird

Flappy Bird adalah sebuah game kontroversial. Dibuat oleh seorang developer asal Vietnam bernama Dong Nguyen pada tahun 2013, game ini menjadi game mobile paling populer dengan cepat di awal tahun 2014. Yang mengejutkan, masih di awal tahun yang sama, game tersebut ditarik dari App Store dan Play Store oleh si developer.

Flappy Bird mungkin merupakan pionir dari apa yang saya sebut sebagai “game remeh tapi susah minta ampun” atau “coba sekali lagi, selamanya”. Setelah Flappy Bird, banyak game dengan model permainan yang sama bermunculan. Bahkan di Android 6.0 Marshmallow pun ada game tersembunyi seperti ini.

FLAPPY BIRD ONLINE


Baca juga: 7 Smartphone Game Murah


Crossy Road

crossy road game

Crossy Road adalah versi modern dari game Frogger yang diberi sentuhan “endless“. Game ini dirilis oleh Hipster Whale pada tahun 2014. Walau tidak sesulit Flappy Bird, Crossy Road memiliki semangat yang sama: “Remeh tapi susah” dan “Coba sekali lagi, selamanya”.

Memang, Matt Hall selaku developer-nya mengaku terinspirasi oleh berbagai game lain, seperti Flappy Bird, Temple Run, Subway Surfers, Disco Zoo, dll. Di sisi lain, desain game buatan Ben Weatherall ini juga menginspirasi banyak game yang muncul berikutnya. Karakter rahasia Crossy Road, yang jadi salah satu ciri khas game ini, masih terus diperbarui dan diburu.

SITUS RESMI

Asphalt

Asphalt 8 Airborne game

Asphalt merupakan seri game balap mobil nomor satu di perangkat bergerak. Game buatan Gameloft ini hadir pertama kali di tahun 2004 dengan nama Asphalt Urban GT, untuk Nintendo DS dan Nokia N-Gage.

Sampai saat ini sudah ada banyak generasi dan variasi baru game Asphalt. Generasi terbarunya adalah Asphalt 8: Airborne (2013) dengan variasi Asphalt Xtreme (2016, versi offroad) dan Asphalt Overdrive (2014, versi “endless run”). Seri Asphalt selalu berhasil menduduki papan atas game balapan. Kalau ada yang menghalangi, mungkin itu adalah ukuran game ini sendiri yang memang besar.

ASPHALT 8 DI GAMELOFT

Temple Run

Temple run game

Temple Run adalah sebuah endless running game buatan Imangi Studios. Game ini dirilis pada tahun 2011. Game ini sudah memiliki sekuel, dan bahkan ada buku fiksinya.

Mungkin, Temple Run¬†merupakan game yang mempopulerkan genre “endless run”. Sejak game ini dirilis, berbagai game bertipe sejenis banyak bermunculan.¬†Subway Surfers dari Kiloo — yang juga merupakan endless run game — boleh menduduki puncak kepopuleran saat ini. ¬†Namun Temple Run adalah pondasi genre tersebut.

SITUS RESMI

Pokemon Go

pokemon go game

Pokemon Go mungkin adalah game fenomenal lain, yang meraih kesuksesan dalam waktu singkat, selain Flappy Bird. Bedanya, game ini memang sudah memiliki basis fans yang kuat. Tidak heran, karena nama besar Nintendo berdiri di belakangnya.

Game buatan Niantic (berdasar game Ingress) yang dirilis tahun 2016 ini menggebrak dunia game mobile. Berbeda dengan game handphone lainnya, Pokemon Go mengajak pemainnya untuk berkegiatan di luar ruang saat berburu Pokemon. Begitu dahsyatnya kepopuleran Pokemon Go, sampai-sampai dalam waktu tujuh hari, saham Nintendo naik 40%.

SITUS RESMI

Minecraft: Pocket Edition

Minecraft Pocket Edition

Minecraft: Pocket Edition dirilis pada tahun 2011. Pujian sebenarnya memang harus diberikan pada game Minecraft aslinya. Toh Minecraft: Pocket Edition berhasil membawa kebebasan imajinasi pemain Minecraft di perangkat bergerak.

Harga yang cukup mahal tidak menghentikan Minecraft: Pocket Edition duduk di jajaran top chart game di App Store dan Play Store. Game ini pun menjadi salah satu game mobile paling populer yang pernah ada.

SITUS RESMI

Monument Valley

monument valley game

Monument Valley adalah game puzzle bertema ilusi optik buatan Ustwo. Sejak dirilis pada tahun 2014, game ini sudah mendapat banyak penghargaan. Yang paling menonjol dari game Monument Valley ini adalah desain artistik dan musiknya.

Benar saja, banyak game berikutnya yang terinspirasi oleh game ini. Lara Croft GO dan Alto’s Adventure adalah dua di antara sekian banyak yang terpengaruh oleh Monument Valley. Karakter game ini juga hadir di game Crossy Road.

SITUS RESMI


Baca juga: Review Laptop ASUS X555QG: Laptop Game Murah


Itulah game mobile paling populer dan paling berpengaruh versi kami. Mungkin pilihan ini cukup subyektif (namanya juga versi kami). Mungkin juga tidak semua orang memainkannya. Tapi walaupun kamu tidak memainkannya tapi pernah mendengar atau tahu soal game di atas, itu sudah cukup membuktikan bahwa game tersebut merupakan salah satu game populer.

Ada komentar?