Inilah 5 Game yang Dulu Selalu Ditemukan dalam PC Jadul

Tahun 90-an mungkin menjadi waktu yang cukup menarik dalam dunia industri game. Sebab dalam kurun waktu itu ada banyak game konsol, hingga munculnya PC yang bisa digunakan untuk bermain game.

Bagi kalian anak 90-an, mungkin pernah punya pengalaman menarik dengan game dimasa itu. Salah satunya adalah adanya shortcut dengan icon konsol game di komputer rumah.

Kemudian setelah kalian klik icon tersebut, maka akan muncul tampilan di layar untuk ‘Press Any Key.’ Pengalaman semacam itu tentu selalu membekas dalam hati.

Gamer era 90-an pasti pernah mengalami kejadian tersebut. Dan dalam artikel kali ini, kami akan mengajak kalian untuk bernostalgia dengan gamegame era 90-an. Berikut ini beberapa game yang selalu ada dalam PC jadul.

Beach Head 2002

Sumber Gambar : My Abandonware

Pada masa kejayaannya, game ini memang sangat populer. Hal ini disebabkan Beach Head 2002 bisa memberikan pengalaman bermain yang seru sebagai game FPS.

Game ini membuat pemain ada dalam sebuah bunker. Kalian akan bertahan dari serangan musuh, baik yang menyerang dengan kendaraan tempur maupun sambil berjalan.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa menggunakan berbagai macam senjata untuk bertahan dari serangan musuh. Mungkin ini adalah salah  satu game yang dapat kalian temukan di PC jadul untuk menemani akhir pekan.

Road Rash

Sumber Gambar : YouTube

Sebenarnya game yang ada di PC jadul tidak hanya itu-itu saja. Kalian bisa melihat game unik seperti Road Rash. Game ini menghadirkan sensasi balap motor yang rusuh.

Apabila kalian dulu pernah memainkan game ini, maka yang terlintas dalam benak tentu menjadi preman yang ingin jadi nomor satu dalam balap motor.

Road Rash mempunyai grafis khas ala game jadul. Walau begitu, pengalaman bermain yang bisa diperoleh dari game ini sungguh luar biasa pada jamannya.

Virtua Cop II

Sumber Gambar : Replayers

Di era 90-an, perkembangan industri game tidak hanya berkembang dalam PC maupun konsol rumahan. Namun mesin arcade juga sudah menjadi salah satu alternatif yang cukup populer pada waktu itu.

Dan mungkin sampai saat ini kalian masih ingat dengan kalimat ‘Somebody help me!,’ yang mengarah kepada game Virtua Cop II.

Yup, game ini mengusung konsep game shooter rasa arcade. Bahkan game ini hampir bisa kalian temukan dalam desktop komputer jadul pada waktu itu.

Saat memainkan game ini, kalian harus memperhatikan credit yang menjadi nyawa saat permainan berlangsung. Mungkin bisa dikatakan Virtua Cop II sebagai game FPS pertama yang kalian mainkan, sebelum battle royale populer seperti sekarang.

Commandos

Sumber Gambar : Replayers

Mungkin beberapa dari kalian merasa asing dengan game ini. Namun jika dulu kalian pernah menemukan icon bergambar prajurit di desktop komputer, maka kalian salah satu orang beruntung.

Sebab game yang menggabungkan strategi dengan stealth ini sangat seru. Dengan mengambil latar waktu Perang Dunia II, pemain akan ada dalam skenario tertentu dengan misi super menegangkan.

Dalam game ini, kalian wajib mengambil keputusan yang tepat. Hal ini sangat berguna dalam menyelesaikan sebuah misi.

Zuma Deluxe

Sumber Gambar : Maladiva

Tentu hampir semua anak era 90-an sangat mengenal game yang satu ini. Pada waktu itu, hampir setiap PC jadul di sekolah maupun kantor terdapat game ini.

Kalian bisa menemukan game ini dengan mudah dalam setiap PC jadul. Icon katak yang melempar bola warna-warni menjadi sangat ikonik bagi game ini.

Meskipun mengusung gameplay yang sederhana, justru hal itu membuat Zuma Deluxe sangat digemari banyak orang. Kira-kira berapa stage yang pernah kalian mainkan dalam game ini?