Review: Game Puzzle 5 Dasar

review puzzle 5 dasar

Game Puzzle 5 Dasar adalah game yang tersedia untuk platform Android dan iOS karya developer game Indonesia. Jika membaca judul game tersebut, kalian yang hidup di era 90-an pasti langsung teringat dengan permainan tebak-tebakan masa kecil dengan nama sama. Saya menduga, game ini terinsparasi dari permainan tersebut.

Saya mencoba game ini selama beberapa minggu, dan inilah 4 hal yang membuat game Puzzle 5 dasar menarik untuk di install di smartphone kalian.

Banyak pengguna ponsel bukanlah gamers serius. Jadi mereka menginginkan game dengan gameplay sederhana dan tidak rumit. Pengguna seperti ini memainkan game untuk sekedar melepas lelah atau menunggu sesuatu. Gameplay dari Puzzle 5 Dasar sangatlah sederhana, jika kalian pernah memainkan game Tap Tap Revange, game dengan karakter utama Si Udin ini memiliki gameplay serupa. Kita cukup tap huruf-huruf yang tampil di layar agar membentuk kata-kata yang telah ditentukan.

Di awal, kecepatan balok-balok huruf masih terlihat biasa, tapi lama-kelamaan, kecepatan dari balok-balok tersebut semakin bertambah. Dan ya, koordinasi mata dan tangan sangat diperlukan disini.

Meskipun gameplay dari Puzzle 5 Dasar ini cukup sederhana, tapi tetap tidak menghilangkan rasa penasaran dan greget, apalagi kalau bukan karena gagal dalam men-tap balok-balok huruf. Memainkan game ini membuat tangan saya pegel agar bisa dapat 3 bintang.

Game Puzzle 5 Dasar saat ini memiliki 10 level dengan 26 jenis tebak-tebakan. Mulai dari tema teknologi, komik, sekolah, kampus, nama makanan, negara, merek mobil dll. Untuk naik ke level yang lebih tinggi, kita harus berhasil memainkan level sebelumnya.

Dengan gameplay seperti itu, developer dari game ini bisa menghadirkan grafis yang bersih dan tidak mengganggu. Penempatan iklan pun dilakukan setelah kita menyelesaikan permainan. Ya meskipun saya sering menemukan iklan video dengan durasi 30 detik (cukup lama), tapi itu bisa dimaklumi. Mungkin kedepannya, developer game ini bisa memberikan opsi pilihan berbayar untuk menghilangkan iklan.

Ada satu hal yang masih membingungkan dari game ini, yaitu fitur Koin. Kita akan mendapatkan koin jika login menggunakan Facebook dan melihat video iklan. Sejauh ini, saya hanya tahu dua metode itu untuk mendapatkan sejumlah koin. Dan yang masih membuat saya bingung, apakah koin tersebut bisa ditukar dengan sesuatu atau tidak.

Saya sudah menanyakan hal tersebut kepada developernya, dan saat ini masih menunggu jawaban. Jadi saya akan melakukan update mengenai hal ini setelah mendapatkan jawabannya.

Tertarik mencoba?