Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

The Battle of Polytopia: Game Strategi Ringan Untuk Semua Platform

the battle of polytopia
Anom Penulis

Kali ini saya mau membahas salah satu game yang sering masuk dalam daftar game strategi offline terbaik. Game strategi ringan ini bernama The Battle of Polytopia.

Dari namanya mungkin kamu sudah bisa membayangkan desain tampilan permainan ini. Ya, karakter gambarnya memang berbentuk polygon. Jadi kotak-kotak seperti Crossy Road.

popculture.id

Game ini bisa kamu mainkan secara gratis di banyak platform. Baik Android dan iOS, juga di komputer PC Windows dan macOS melalui Steam.Tentunya yang bikin tambah menarik ya seperti yang sudah disebut di atas, bisa dimainkan offline dan ukurannya ringan.

Jenis Permainan

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah The Battle of Polytopia merupakan turn-based strategy. Jadi langkah strategis yang kamu lakukan akan bergantian dengan pemain lain. Berbeda dengan real-time strategy (RTS) yang semua berjalan bersamaan.

Kamu akan memimpin salah satu dari 14 suku yang bisa dipilih. Yang empat suku gratis, yang lain bisa dibuka dengan pembelian dalam aplikasi. Kalau tidak salah harga satu suku adalah Rp15.000.

game strategi the battle of polytopia

Ada dua jenis permainan di sini. Yang pertama adalah Perfection. Yaitu mencapai skor setinggi mungkin — baik dalam membangun kota maupun dari melibas suku lain — dalam batasan 30 kali giliran. Yang kedua adalah Domination. Yaitu menguasai semua bidang permainan — yang berarti semua suku lain kalah — tanpa batas waktu.

Alternatif jenis permainan lainnya adalah multiplayer. Kamu bisa bermain secara bergantian di handphone yang sama (benar-benar giliran) atau terhubung secara online.

Cara Bermain

Seperti game strategi lain, kamu akan mengumpulkan sumber daya dan membangun pasukan. Semua itu sambil melakukan eksplorasi dan ekspansi. 

Tindakan yang tersedia tergantung dari jumlah pendapatan sumber daya. Walau semua mulai dari 5 poin, tapi tiap suku punya titik awal kemampuan yang berbeda. Tergantung strategi yang kamu gunakan, 5 poin itu bisa kamu pakai untuk menambah warrior, mengambil sumber daya, atau melakukan riset untuk mengembangkan kemampuan.

the battle of polytopia android

Intinya kamu harus memperhitungkan semua tindakan berdasar perhitungan sumber daya dan giliran bermain. Semakin cepat semakin baik. Walau kelihatannya simpel, pada kenyataannya tidak semudah itu.

Ada banyak strategi yang bisa kamu tempuh. Seiring permainan, kamu akan mengenal tindakan apa yang harus lebih dulu diambil, jenis pasukan apa yang paling efisien, memilih mengembangkan kerajaan atau langsung menyerang, dll.

Ringan Tapi Menantang

Karena game ini bisa dimainkan offline, kamu bisa memainkan game ini dengan santai. Walau game ini mementingkan efisiensi, tapi tidak ada batasan waktu. Yah, namanya strategi. Butuh waktu berpikir.

Walau cukup ringan dan bisa dimainkan santai, menemukan taktik yang jitu juga tidak mudah. Apalagi tiap permainan bisa berbeda. Jadi tantangan selalu ada. Ini yang membuat The Battle of Polytopia tetap seru.

Kalau kamu memang suka game strategi yang membutuhkan perhitungan matang, game ini akan cocok buat kamu. Tapi kalau tidak terlalu hobi (tapi tetap suka), game ini bisa jadi game sekunder. Kalau kamu bosan main game dengan ritme cepat, kamu bisa cari suasana lain di sini.

Nah, silakan unduh game strategi offline keren ini sesuai perangkatmu. Sekali lagi, The Battle of Polytopia bisa kamu mainkan di Android, iPhone, atau di PC Windows dan Mac (lewat Steam). Ukurannya cukup ringan. Untuk handphone sekitar 30MB, dan untuk komputer sekitar 100MB.

Download (Android)

Download (iOS)

Download (via Steam | Windows/macOS)

[wp-review id=”65210″]

    %d blogger menyukai ini: