game terkenal

5 Game Terkenal Ini Dibuat Karena Sebuah Kesalahan

Game terkenal biasanya identik dengan kesuksesan para tim developer dibalik layar karena rencananya yang sangat matang. Tapi siapa yang sangka, ternyata ada beberapa game yang dibuat secara tidak sengaja namun mendapatkan kesuksesan besar.

Hal tersebut tentunya sangat mengejutkan karena kepopulerannya banyak yang tidak tahu jika game-game tersebut dibuat atas dasar kesalahan tim developer sendiri.

[irp posts=”57034″ name=”5 Game Smartphone Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Kecanduan!”]

Mau tahu game-game apa saja yang dibuat karena kesalahan? Simak ulasannya di bawah ini, guys!

Geometry Wars

game terkenal

Pertamanya, game ini hanya dibuat sebagai software tester untuk menguji kontroler Xbox saat pembuatan Project Gotham Racing 2. Dikarenakan para tim malah senang bermain dengan software ini, Microsoft akhirnya memasukannya sebagai easter egg dalam game Project Gotham Racing 2.

Tapi ternyata, easter egg dalam game ini malah lebih sering dimainkan daripada isi game dari Project Gotham Racin 2 sendiri, alhasil mereka mengembangkannya dan merilis game ini sendiri dengan judul Geometry Wars.

Pikmin

game terkenal

Kenal dengan GameCube? Jika kenal, kamu berarti sudah menjadi seseorang yang tidak muda lagi (tua wahaha). Nah ada sebuah teknologi demo yang diciptakan untuk menampilkan kemampuan GameCube di Spacec World 2000.

Teknologi yang dipamerkan sangat memukau para penonton yang hadir, maka Nintendo pun memikirkan untuk menyerahkan demo ini kepada seseorang bernama Shigefumi Hino yang akhirnya membuat sebuah game original yang sampai sekarang masih populer.

Grand Theft Auto

game terkenal

Rockstar Games sebagai developer dari franchise game populer ini pertama kali memberikan judul Race n’ Chase, dimana game tersebut menceritakan tentang balapan liar dan pengejaran. Tapi pada saat dibuat, tim menemukan glitch dimana para polisi di dalam game menjadi sangat liar.

Akhirnya Rockstar Games malah mempertahankan glitch tersebut lalu mengubah judul game ini menjadi game terkenal yang diketahui dan dimainkan semua orang, Grand Theft Auto.

Counter-Strike

Game Half-Life adalah cikal bakal terciptanya Counter-Strike? Bukan! Ternyata awal mula Counter Strike karena dua orang programmer bernama Minh Le dan Jess Clife yang merasa bosan dengan game Half-Life.

Akhirnya mereka berdua membuat mod dari game Half-Life, nah disitulah Counter Strike tercipta. Akhirnya Valve selaku perusahan game besar merekrut mereka berdua lalu membeli karyanya untuk dibuatkan versi game aslinya yang bernama Counter-Strike.

Game Terkenal Terkahir Karena Kesalahan Adalah DOTA

Sama seperti Counter-Strike, game DOTA tidak langsung muncul begitu saja, melainkan hadir karena sebuah mod dari salah satu komunitas yang memainkan game Warcraft III.

Defense of the Ancient atau yang lebih dikenal sebagai DOTA pertamakali dibuat karena ada sebuah tim pengembang berbakat yang membuat campuran antara Warcraft dan Starcraft di awal tahun 2000an. Siapa sangka, mashup tersebut ternyata menjadi genre populer sampai sekarang ini.

Awalnya DOTA mengambil skenario dari Starcraft: Aeon of Strife yang dikonversi ke Warcraft III engine dengan menggunakan software editing game. Tanpa adanya tim pengembang ini, mungkin tidak akan ada Mobile Legends Vainglory, ataupun AoV.

[irp posts=”56776″ name=”5 Fakta Mencengangkan Tentang Game Offline” Dinosaurus di Google Chrome”]

Sudah tahu kan? Jadi tidak semua game terkenal pada awalnya dirancang sedemikian rupa karena game-game diatas membuktikan jika sebuah kesalahan bisa juga menjadikan sebuah game menjadi terkenal.

Sekarang saatnya kamu yang mencoba! Sana belajar membuat game, siapa tahu beberapa tahun kedepan game kamu akan dibeli oleh Valve atau perusahaan besar lainnya. 😊

More Stories
Jangan Ngaku ‘Fashionable’ Kalau Belum Punya Aplikasi Fashion Ini