Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Game Tower Defense Siegecraft Defender, Bertahan dari Serangan Orcs

Anom Penulis

Game tower defense adalah salah satu jenis game favorit saya. Siegecraft Defender, sebagai salah satu game tower defense di Windows Phone, cukup membuat penasaran. Ternyata, memang tidak mengecewakan.

Sekedar info, game tower defense merupakan salah satu sub genre game strategi. Di game jenis ini, strategi dilakukan dengan mengatur pertahanan, dan mempertahankan benteng dari serangan musuh. Kesannya memang bermain pasif. Tapi kalau sudah digempur habis-habisan, baru terasa tantangan sebenarnya.

popculture.id

Seperti game strategi klasik, Siegecraft Defender berlatar dunia fantasi, dengan berbagai monster. Orcs menjadi musuh utama. Berbeda dengan Monster Castle yang menjadikan Orcs sebagai tokoh utama.

Orcs akan masuk ke benteng kita dan mengambil domba (ditunjukkan di indikator di bagian atas). Saat domba habis, kita akan kalah. Kalau kita berhasil bertahan dari gelombang serbuan berkala, kita menang.

Juga seperti game tower defense klasik lain, kita harus menata menara pertahanan secara strategis. Lihat jalur serbuan Orcs (uga serangan udara), dan atur menara agar serbuan tidak langsung menuju benteng. Hati-hati, peletakkan menara menggunakan koin. Sementara koin didapat dari membunuh musuh. Gunakan dengan bijak.

Menara pertahanan di game ini beragam. Mulai dari pemanah yang standar, ketapel batu, yang menuang lahar, sampai yang menggunakan sihir. Masing-masing memiliki harga tersendiri saat digunakan. Di dalam permainan, kita bisa menggunakan sampai lima jenis menara.

Dari segi jalan cerita, game Siegecraft Defender juga menerapkan sistem klasik. Yaitu dengan peta perjalanan beserta level-levelnya. Tersedia berbagai daerah dengan lingkungan berbeda. Mirip seperti game RPG Kingdom in Chaos yang saya bahas sebelum ini.

Oya, cerita petualangan itu adalah untuk pilihan game kampanye (campaign). Selain itu, kita juga bisa memilih jenis permainan lain, yaitu multiplayer.

Di permainan multiplayer, kita akan ditempatkan di daerah konflik. Di sana, selain berhadapan dengan Orcs, juga ada player lain. Siapa yang daerahnya direbut terlebih dulu adalah yang kalah. Cara bermainnya sama seperti yang saya jelaskan di atas. Bedanya, semua menara sudah terbuka dan bisa digunakan.

Sejauh yang saya coba, game multiplayer ini tetap dimainkan offline. Artinya tidak benar-benar melawan pemain lain. Tapi saat melihat bahwa ada fitur yang akan ditambahkan, tidak menutup kemungkinan permainan online bisa ditambahkan.

Secara keseluruhan, game Siegecraft Defender ini menyenangkan. Gambarnya bagus, kontrol permainan juga mudah dilakukan, dan menghibur untuk dimainkan dalam jangka panjang.

Sisi buruknya, game ini membuat Lumia 930 yang saya gunakan cukup panas. Kalau sudah begitu, baterai bisa terkuras. Selain itu, saya sempat mengalami crash beberapa kali. Game harus saya tutup, dan dibuka kembali. Untungnya, game ini memiliki sistem auto save, jadi saya bisa meneruskan permainan. Posisinya pun hanya beberapa langkah sebelum crash. Jadi, tidak terlalu merugikan.

Game tower defense ini bisa didapat dengan harga Rp24.800. Game Siegecraft Defender ini juga merupakan game universal. Unduh di handphone, bisa didapat juga di komputer/tablet. Begitu sebaliknya.

    %d blogger menyukai ini: