Gameroom: Game Facebook Pesaing Steam

Jika berbicara tentang Game Facebook, tentu kita tidak bisa melupakan pengembang game asal California, Amerika Serikat. Zynga berhasil memperoleh kepopuleran dengan game-game mereka yang hadir di Facebook. Farmville, Zynga Poker dan City Ville adalah beberapa diantaranya. Kepopuleran mereka juga meningkatkan level dari Facebook, bukan hanya sekedar pelantar jejaring sosial, tapi juga bisa memainkan game online dan berkompetisi dengan teman yang ada di Facebook.

Setelah cukup lama, Facebook akhirnya membuat layanan game Facebook tersebut menjadi sebuah aplikasi yang dinamakan Gameroom. Gameroom menyediakan banyak game yang tentunya bisa kita lihat di Facebook juga.

Desain

Buat kalian yang akrab dengan Steam, tampilan dari Gameroom tidak jauh berbeda dengan layanan game populer tersebut. Pada bagian utama, kalian akan menemui game-game yang di feature oleh Facebook, yang kemudian di bawahnya ada beberapa kategori game yang bisa dipilih. Kalian akan mendapatkan genre game seperti action, bingo games, board games, card games, strategy, RPG dan masih banyak lagi.

Saya tidak mengalami kebingungan untuk menjelajahi Gameroom, jadi bisa dikatakan, secara keseluruhan, Facebook memberikan sentuhan desain UI dan UX secara apik.

Koleksi Game

Saya tidak tahu pasti berapa jumlah game Facebook yang ada di Gameroom. Tapi ketika saya coba menelusuri koleksi game per kategori, game-game yang bisa dimainkan sudah cukup banyak. Tentu saja kalian tidak akan menemukan game-game dengan kualitas grafis seperti di Steam atau XBox (Windows Store), tapi game-game yang ada di Gameroom sudah cukup menyenangkan dimainkan untuk menghabiskan waktu luang.

game facebook

Saat mencoba memainkan beberapa game, saya merasa bahwa bermain game Facebook melalui Gameroom lebih ringan dibandingkan saat bermain melalui facebook.com. Oh ya, beberapa game harus terlebih dulu harus di unduh dan terpasang di PC.

game facebook

Opini

Bisnis game memang sangat gurih. Facebook sepertinya akan mulai serius di bisnis ini dengan merilis Gameroom. Saat ini, Gameroom mengincar pasar pengguna game mainstream, dimana mereka bermain game tidak lebih dari sekedar untuk mencari hiburan dan mengisi waktu luang. Tentu saja, pasar mainstream ini memiliki jumlah yang cukup besar.

Tapi apakah Gameroom akan menjadi kompetitor serius dari Steam atau Xbox? jika Facebook bisa meyakinkan para pengembang game seperti Ubisoft, Gameloft, Konami, EA Sport dan perusahaan game besar lainnya untuk mengonversi game mereka ke Gameroom, bisa saja akan menjadi persaingan yang seru. Dan sepertinya hal tersebut masih harus menunggu waktu.

Jadi sementara itu, Facebook harus meyakinkan penggunanya agar mau menghabiskan waktu luangnya dengan bermain game melalui aplikasi Gameroom.

Saat ini, Gameroom baru tersedia untuk sistem operasi Windows 7 keatas. Aplikasi ini bisa kamu unduh disini.

Gallery

    %d blogger menyukai ini: