Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Gestulator: Aplikasi Kalkulator dengan Gestur Tangan

Anom Penulis

Gestulator adalah sebuah aplikasi kalkulator. Tapi bukan kalkulator biasa. Karena gestur tangan merupakan cara penggunaan utamanya.

Smartphone dengan touch screen hampir pasti identik dengan gestur tangan. Penggunaan gestur seperti swipe sudah lazim dilakukan. Bahkan menjadi salah satu gestur natural di smartphone saat ini. Gestulator memanfaatkannya dengan baik.

popculture.id

Tap memang masih menjadi input utama. Untuk memasukkan angka, kita tetap menggunakan fungsi tersebut. Sedangkan untuk fungsi perhitungan–seperti tambah, kurang, bagi, kali, dll–gestur swipe-lah yang digunakan.

Menurut saya, ini langkah cerdas. Susunan angka di kalkulator tidak banyak berubah sejak numpad ditemukan oleh John E. Karlin, seorang psikolog industri (penerapan numpad di telepon sedikit berbeda). Jadi, gestur tap tetap mudah dilakukan karena orang sudah mengenal posisi nomernya.

Tombol kalkulasi memiliki kasus yang berbeda. Dengan beragamnya jenis kalkulator, seperti kalkulator ilmiah dan statistik, membuat tombol kalkulasi tidak selalu sama posisinya. Bayangkan ketika kita sedang sibuk bekerja–dan tidak membawa kalkulator kesayangan–lalu harus menghitung sesuatu. Sementara tangan yang satu mengurutkan angka, tangan yang lain mengoperasikan aplikasi kalkulator di handphone. Sekali lagi, bayangkan, apa yang terjadi kalau kita tidak mengenal letak tombol kalkukasi. Tentu kita akan kerap menoleh untuk mencari tombol bersangkutan.

Aplikasi Gestulator menyelesaikan masalah itu dengan gestur tangan. Untuk memasukkan kalkulasi penambahan kita tinggal swipe ke atas, pengurangan swipe ke bawah, perkalian swipe ke kanan, dan pembagian ke kiri. Untuk melakukan kalkulasi yang sedikit lebih rumit seperti pangkat atau akar, kita menggunakan dua jari (istilah double swipe di Gestulator agak rancu). Tenang, ada tutorialnya di dalam aplikasi.

Tentu saja, Gestulator hanya mewakili fungsi sederhana sebuah kalkulator. Kalau untuk perhitungan yang lebih rumit, lebih baik menggunakan aplikasi kalkulator lain. Lagipula, bayangkan kalau perhitungan rumit dilakukan dengan gestur tangan.

Gestulator bisa didapat di Microsoft Store dengan harga Rp12.300. Aplikasinya tidak besar, di bawah 1 MB. Untuk yang sering menggunakan kalkulator, tidak ada salahnya mencoba, dan silakan sruput dari bursa.

    %d blogger menyukai ini: