AWAS! Getaran Motor Bisa Rusak Kamera iPhone

Kamu yang suka memasang iPhone di motor harap berhati-hati. Apple memperingatkan pengguna kalau getaran motor bisa membuat kamera iPhone rusak.

Saat ini memasang ponsel di setang atau dasbor motor atau sepeda sudah lazim dilakukan. Terutama sejak banyaknya layanan ojek online. Salah satu fungsinya, tentu saja, adalah agar pengendara bisa melihat arahan di peta saat membutuhkannya,

Tapi ternyata ada efek samping tersendiri dari tindakan itu. Yah, paling tidak dalam hal ini efeknya bisa mempengaruhi performa kamera iPhone.

Peringatan Apple

Peringatan itu Apple publikasikan secara resmi melalui halaman dukungan iPhone. Apple secara spesifik menyebutkan kalau getaran besar dari motor berkekuatan tinggi bisa menurunkan performa kamera iPhone, tepatnya berefek pada OIS dan sistem closed-loop AF.

The OIS and closed-loop AF systems in iPhone are designed for durability. However, as is the case with many consumer electronics that include systems like OIS, long-term direct exposure to high-amplitude vibrations within certain frequency ranges may degrade the performance of these systems and lead to reduced image quality for photos and videos. It is recommended to avoid exposing your iPhone to extended high-amplitude vibrations. 

Optical image stabilization (OIS) bekerja dengan sensor gyroscope untuk mengurangi efek gerakan pada hasil rekaman kamera. Begitu juga dengan closed-loop autofocus (AF) yang mengurangi efek getaran sehingga gambar tetap memiliki fokus yang tajam.

Jika iPhone terkena getaran — misalnya dari motor besar — maka hal itu bisa mempengaruhi kedua teknologi kamera tersebut. Teknologi OIS dan closed-loop AF di kamera iPhone bisa rusak dan hasilnya gambar di foto dan video menjadi blur.

Sebelum ini sudah ada banyak laporan kejadian dari pengguna iPhone. Salah satunya di forum situs iFixit. Ada juga yang mengeluh soal efek getaran ini di Twitter.

Namun Apple juga menyebutkan kalau kendaraan bermotor dengan getaran yang relatif rendah (seperti skuter) tidak memiliki efek sebesar itu. Memakai dudukan yang menghambat getaran juga akan mengurangi efek tersebut.

Oya, OIS terdapat pada kamera di iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone SE (2020) dan yang lebih baru. Kamera ultra-wide di iPhone 11 dan yang lebih baru tidak memiliki OIS, begitu juga kamera telefoto di iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus.

Sedangkan teknologi closed-loop AF terdapat pada kamera iPhone XS dan yang lebih baru, termasuk iPhone SE (2020).

Jadi kalau kamu sering memasang iPhone di motor, silakan cari dudukan iPhone yang punya hambatan getaran. Yah, daripada kamera iPhone jadi rusak.

%d blogger menyukai ini: