Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

AMD Radeon RX 6800 XT dan RX 6800 – Kartu Grafis Terbaru GIGABYTE

Indri Penulis

GIGABYTE baru saja meluncurkan kartu grafis baru, AMD Radeon RX 6800 XT dan RX 6800. Keduanya didukung arsitektur gaming AMD RDNA 2.

Kartu grafis ini diluncurkan di Taipei, Taiwan, beberapa waktu lalu. Dalam peluncurannya, GIGABYTE menghadirkan lima kartu grafis dengan tujuan yang berbeda.

popculture.id

Tentang AMD Radeon XR 6800 XT dan RX 6800

Kelima seri ini terdiri dari AORUS Radeon™ RX 6800 XT MASTER TYPE C 16G, AORUS Radeon™ RX 6800 XT MASTER 16G, Radeon™ RX 6800 XT GAMING OC 16G, AORUS Radeon™ RX 6800 MASTER 16G, dan Radeon™ RX 6800 GAMING OC 16G.

Mereka semua, baik yang berlabel AORUS atau GAMING OC dirancang untuk memenuhi permintaan pelanggan yang berbeda. Kalian bisa lihat perbedaannya di bawah ini.

AORUS Master

Sumber Gambar : GIGABYTE

Kartu grafis yang berlabel AORUS Master direkomendasikan untuk kalangan enthusiast yang ingin kinerja terbaik. Kartu grafis jenis ini dibekali pendingin MAX-Covered terintegrasi.

Pendingin di kartu grafis lengkapi 3 kipas dengan tumpukan bilah yang unik. Pendingin pun mengusung desain cakar angin dan proses kerja yang bergantian. Hasilnya, tekanan udara bisa sepenuhnya menutupi heatsink.

Area pembuangan panas di heatsink juga lebih besar dibanding pendahulunya. Apalagi dengan adanya pelat tembaga dan tujuh heat pipe komposit, membuat panas dari GPU dan VRAM menghilang dengan cepat.

AORUS Master memakai teknologi Screen Cooling GIGABYTE. Teknologi ini membentuk sistem pembuangan panas efisien dan operasi lebih stabil.

Menariknya, terdapat monitor LCD yang tertanam di sisi kartu grafis. Fungsinya untuk mengedit semua konten, atau menyetel monitor ke CHIBI Time untuk menikmati perubahan little falcon setiap jamnya.

Tidak sampai di situ, AORUS Master juga dibekali RGB Fusion 2.0. Memungkinkan gamer tidak hanya mengatur efek pencahayaan dari seluruh grafis dan monitor LCD, tapi juga menyinkronkan efek pencahayaan dengan perangkat AORUS lainnya.

Terakhir, AORUS MASTER dibekali lapisan PCB tingkat aerospace, mode operasi senyap, Dual BIOS dan komponen bersertifikat ULTRA DURABLE.

GAMING OC

Sumber Gambar : GIGABYTE

Kartu grafis GAMING OC cocok untuk gamer yang mencari performa. Kartu grafis ini punya sistem pendingin GIGABYTE WINDFORCE 3X.

Sistem pendingin di atas memiliki fitur 3x sirip kipas unik, arah putaran kipas berlawanan arah, pipa panas tembaga komposit yang langsung menyentuh GPU, kipas aktif 3D, dan Screen Cooling. Membuat pembuangan panas lebih efisien.

GIGABYTE WINDFORCE 3X juga dapat menjaga kartu grafis agar tetap di suhu rendah secara real-time. Sistem ini juga bisa menghasilkan kinerja lebih tinggi dan stabil.

GAMING OC punya kipas tengah yang berputar berlawanan arah. Tujuannya yakni mengoptimalkan aliran udara dan pembuangan panas. Kinerja pun lebih efisien dan dalam suhu rendah.

Fitur Screen Cooling akan memperluang heatsink agar pembuangan panas lebih baik. Ada pula pelumas nano graphene yang bisa memperpanjang umur kipas sampai 2,1 kali lipat, dan meredam bunyi agar lebih senyap.

Sedangkan RGB Fusion 2.0 memungkinkan pengguna mengatur warna lampu dan berbagai efek khusus. Fitur ini juga bisa dipakai untuk sinkronisasi ke perangkat AORUS lainnya.

Di sisi lain, kartu grafis GIGABYTE memakai catu daya multi fase yang memungkinkan MOFSET beroperasi di suhu rendah, serta memberikan perlindungan dari suhu berlebih.

Kartu grafis terbaru GIGABYTE juga memakai choke dan kapasitor bersertifikasi Ultra Durable. Memberikan kinerja sangat baik dan umur sistem lebih lama. Sedangkan pelat belakang logam tidak hanya memperkuat struktur, tapi juga mencegah PCB agar tidak mudah rusak.

AORUS Radeon™ RX 6800 XT MASTER TYPE C 16G memiliki satu USB TYPE-C, satu HDMI dan dua output video DP. Model lainnya menawarkan dua HDMI dan dua output video DP.

Untuk memberikan pengalaman menggunakan yang lebih baik, serial produk AORUS memberikan pelanggannya garansi 4 tahun (memerlukan registrasi online dalam waktu 30 hari sejak tanggal pembelian).

    %d blogger menyukai ini: