Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Google Akan Hapus Lite Mode di Chrome Mobile

Anom Penulis

Mungkin ketika kamu membaca judul di atas, kamu agak bertanya-tanya apa itu Lite Mode di browser Chrome mobile. Kalau iya, berarti rencana Google menghapus ‘Lite Mode’ itu memang tepat. Haa…!

Ya, Lite Mode atau mode ringan awalnya hadir untuk menampilkan website di browser itu dalam bentuk kompresi. Sehingga ukuran transfer data lebih kecil dan pada akhirnya bisa memuat website lebih cepat.

Dulu, di era sebelum 4G, memuat website dengan cepat memang merupakan kebutuhan dan keharusan. Opera Mini, misalnya, sangat populer dengan fitur Data Saver-nya. Nah, Lite Mode merupakan penerapan data saver oleh Google di browser Chrome.

Rencana Penghapusan Lite Mode di Chrome

Melalui halaman dukungan, Craig, selaku manajer Dukungan Chrome, mengumumkan rencana mereka untuk menghapus fitur ini. Ia menyebutkan rencana itu akan berjalan pada tanggal 29 Maret 2022, ketika Google Chrome mencapai versi 100.

Craig juga menyebutkan, walau fitur ini dihapus, Google tetap berupaya mengembangkan Chrome lebih baik agar bisa mengantarkan website seringkas mungkin dan secepat mungkin.

Apa Sudah Tidak Relevan?

Mungkin seperti itu. Saat ini, di era 4G—dan bahkan sudah memasuki era 5G di berbagai negara—konsumsi data internet sudah lebih fokus pada video. Yah, misalnya menonton film secara streaming dan mengikuti media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Intinya, koneksi internet jaman sekarang sudah mampu menangani transfer data yang lebih besar (dibanding dulu). Sehingga kompresi datanya pun tidak terlalu signifikan (bisa kamu lihat pada gambar di atas).

Jadi, kembali pada penyataan di atas. Kalau kamu tidak mengenal Lite Mode di Chrome, berarti kamu tidak pernah menyentuhnya. Nah, jika kamu merasa tetap bisa membuka website secara normal, berarti fitur ini memang sudah tidak perlu ada secara khusus.

Benar begitu, bukan? Ya, mungkin juga kamu bukan pengguna Chrome, tapi mobile browser lainnya.