Google Maps di iOS Dukung Live Location, Widget, & Dark Mode

Aplikasi Google Maps untuk iOS mendapat update yang membawa beberapa fitur seperti berbagi Live Location di iMessage, membuat Widget, dan memakai Dark Mode.

Fitur-fitur baru ini tentu akan lebih memudahkan dan membuat nyaman pemakaian aplikasi peta buatan Google itu di iPhone. Apalagi kalau kamu sering menggunakan iMessage.

Yuk, kita lihat lebih dekat pembaruan Google Maps ini.

Berbagi Live Location

Untuk mengirim Live Location, kamu tinggal menekan tombol Google Maps di iMessage. Posisimu akan segera terkirim. Live Location bisa dilihat oleh teman dalam jangka waktu 1 jam sebagai standar. Tapi kamu juga bisa memilih jangka waktu itu sampai 3 hari.

Kalau kamu ingin menghentikan proses berbagi, tinggal tekan tombol ‘Stop’ dan sesi Live Location akan berhenti.

Widget

Google Maps juga menghadirkan fitur widget iOS di iPhone. Kamu bisa memilih bentuk Widget yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya untuk akses pencarian lokasi terdekat atau segera mendapat arahan untuk pulang ke rumah atau ke kantor.

Bahkan kamu juga bisa melihat kondisi lalu lintas aktual di widget Google Maps. Kemampuan ini akan sangat memudahkan karena kamu tidak perlu membuka aplikasi untuk mendapat informasi macet di tempatmu berada.

widget google maps di ios

Dark Mode

Dark mode adalah tampilan visual yang menjadi favorit banyak pengguna. Karena, selain tidak silau, mode ini bisa membuat tampilan aplikasi lebih keren. Kini aplikasi Google Maps di iPhone pun sudah mendukung Dark Mode.

Untuk memakai mode ini, kamu bisa membuka Setelan aplikasi dan mengaktifkan Dark Mode di sana.

Google menyebutkan kalau fitur Dark Mode di iOS akan meluncur secara bertahap dalam minggu ini. Saya sendiri belum mendapat update terbaru Google Maps, termasuk fitur Widget dan Dark Mode. Walau saya sudah bisa mengirim lokasi di iMessage, tapi belum terlihat pilihan waktu (asumsi saya, ini belum merupakan fitur Live Location).

Jadi memang kelihatannya harus menunggu update aplikasi Google Maps meluncur terlebih dulu. Hm, sabar ya….

%d blogger menyukai ini: