Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Fitur Baru Google Maps Bisa Pantau Lokasi Langsung dari Atas

Indri Penulis

Google Maps kedatangan fitur baru nih. Fitur ini memungkinkan pengguna Google Maps pantau lokasi atau area langsung dari udara.

Dalam pengumumannya, Google Maps mengatakan kalau fitur terbaru ini akan menampilkan berbagai tujuan destinasi wisata yang populer di dunia.

popculture.id

Nggak cuma fitur pemandangan dari udara saja, fitur terbaru Google Maps juga akan memberikan petunjuk arah bersepeda yang rutenya kini lebih disempurnakan. Google Maps juga menyiapkan cara aman untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga.

Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Aerial View

Fitur Aerial View memungkinkan Google Maps menyajikan lebih dari 100 pemandangan udara dari destinasi wisata terpopuler di dunia. Contohnya pengguna bisa mengunjungi Tokyo Tower atau Lady Liberty via udara walaupun mereka belum pernah ke sana sama sekali. Untuk mengakses fitur ini, pengguna bisa menuju ke bagian foto untuk melihat landmark secara detil.

google maps dari atas

Fitur yang satu ini jelas akan terasa unik dibanding fitur-fitur Google Maps lainnya. Apalagi Google berencana untuk membuatnya terlihat lebih baik lagi dengan menghadirkan tampilan yang lebih imersif.

Petunjuk Arah Bersepeda

Selain landmark populer, fitur yang menampilkan petunjuk arah bersepeda juga akan ditingkatkan. Google Maps kini telah disetel untuk memperkenalkan lebih banyak detil lokasi mulai dari ketinggian suatu area, lalu lintas mobil, tangga, atau apakah pengguna bakal bersepeda di tanjakan atau turunan.

Google sendiri telah mengkurasi data menggunakan teknologi AI yang lebih canggih, data kota, mitra terpercaya, sampai umpan balik yang diberikan oleh pengguna Google Maps.

Bagikan Momen ke Orang yang Peduli

Fitur terbaru ketiga yang dihadirkan Google Maps kali ini adalah pengaturan notifikasi untuk teman dan juga keluarga. Dengan membagikan lokasi, teman atau keluarga sekarang bisa melihat kapan waktu pengguna tiba dan kapan pengguna meninggalkan lokasi tertentu.

Namun perlu diingat-ingat, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang sudah berbagi lokasi dengan pengguna tertentu. Pengguna yang diundang kemudian akan bisa mengatur titik check-in dan check-out. Pengguna juga bisa memilih untuk berhenti membagikan lokasi mereka kapan pun mereka mau (hal ini untuk memastikan agar privasi tetap terjaga).

Oke itu tadi beberapa fitur anyar yang hadir di Google Maps. Fitur Aerial View atau pemandangan dari udara dan notifikasi berbagi lokasi telah diluncurkan secara global di Google Maps Android, iOS dan PC (kalau misalnya aplikasimu belum dapat fitur ini, sabar dulu karena mungkin peluncurannya dilakukan secara bertahap). Sedangkan untuk peningkatan fitur bersepeda kabarnyakan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

    %d blogger menyukai ini: