Google Maps Bisa Tampilkan Harga Tiket Tol Indonesia di Android dan iOS

Indri Penulis

Google mengumumkan sebuah fitur baru di Google Maps. Nantinya Google Maps bisa tampilkan harga tiket tol dan bakal berlaku di Indonesia.

Google Maps adalah ‘aplikasi sejuta umat’ yang selama ini jadi rujukan jutaan orang kalau mau mencari lokasi tertentu. Tapi seiring berjalannya waktu, fungsi Google Maps nggak cuma itu saja. Apalagi makin ke sini Google telah membekali berbagai fitur seru ke Google Maps.

Kalau dulu Google Maps cuma bisa dipakai buat cari lokasi, sekarang beda. Google Maps sekarang bisa hubungkan kita ke angkutan umum, kita bisa memantau jalur yang lancar dan mana yang macet, bisa untuk memantau rekan kerja yang WFH, dll.

Bahkan menariknya baru-baru ini, Google resmi mengumumkan fitur anyar buat Google Maps. Fitur tersebut akan bisa menampilkan harga tiket tol saat bernavigasi. Fitur anyar ini akan tersedia di hampir 2.000 ruas jalan tol, serta akan tersedia di perangkat Android dan iOS.

Nah mungkin yang bikin kamu penasaran, kira-kira gimana cara kerja fitur tersebut. Ya kan? Jadi perkiraan harga tol ke tujuan bakal dikumpulkan ‘berdasarkan informasi terpercaya dari otoritas tol setempat.’

Nantinya otoritas tol setempat bakal memberikan informasi spesifik ke pihak Google. Contohnya rincian spesifik apakah jalan tersebut memiliki izin tol atau tidak, harga tiket tol di hari-hari khusus dalam seminggu, sampai jam berapa tol akan memberlakukan harga tersebut.

Google Maps masih akan mengizinkan pengguna untuk menandai ‘Avoid tolls’ atau ‘Hindari Tol’ di pengaturan, kalau misalnya pengguna enggan melewati jalan tol. Google Maps juga akan menawarkan perubahan harga berdasarkan metode pembayaran mereka.

Sementara itu fitur tiket tol ini akan diluncurkan pertama kali di Indonesia, India, Jepang dan Amerika Serikat. Sedangkan untuk negara-negara lain akan menyusul.

    %d blogger menyukai ini: