Google Opinion Reward Ada di Indonesia – Jawab Survei & Dapat Bonus

Survei Berhadiah Google merupakan salah satu cara untuk menikmati belanja di Play Store. Kabar baiknya, Google Opinion Reward — begitu layanan ini biasa disebut — sudah tersedia di Indonesia.

Layanan Survei Berhadiah Google sudah berjalan selama 8 tahun. Awalnya layanan ini hanya berorientasi di Amerika, lalu berkembang ke negara berbahasa Inggris lainnya. Kemudian, baru pelan-pelan hadir di negara lain.

Bahkan saat ini (ketika artikel ditulis), Survei Google baru tersedia di 29 negara. Indonesia menjadi salah satu negara yang ditambahkan ke daftar ketersediaan Google Opinion Reward selain Republik Ceko, Irlandia, Rusia, dan Korea Selatan.

Tapi apa yang perlu kita ketahui soal ini?

Apa Itu Google Opinion Reward?

Google Opinion Reward merupakan sarana tempat pengguna bisa mengisi survei pasar untuk kemudian mendapat hadiah berupa kredit. Survei ini bersifat anonim dan tidak dikaitkan dengan identitas pribadi (kalaupun ada, akan disebutkan di awal dan kamu bisa memilih). Pengguna yang bisa mengikuti survei Google ini adalah yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Pada satu sisi, survei ini boleh disebut mirip dengan Local Guides di Google Maps.

Google opinion reward

Proses Survei

Google menyebutkan kalau survei diberikan secara acak bagi pengguna. Frekuensinya bervariasi. Lalu kamu juga tidak perlu mengisi semua survei alias bisa memilih. Yang pasti tiap survei memiliki jangka waktu 24 jam.

Google juga menyebutkan kalau mereka memiliki teknik khusus untuk memeriksa jawaban, apakah ada kecenderungan bohong atau tidak. Kalau kamu menjawab asal alias berusaha menipu sistem, kamu akan semakin sedikit menerima survei.

Oya, menggunakan ad blocker bisa mengganggu proses survei dan bisa menghalangi pengguna mendapatkan hadiah.

Hadiah Kredit

Hadiah kredit yang diberikan pada pengguna yang menjawab survei memiliki jumlah bervariasi (tergantung isi survei). Sedikit catatan, ada beberapa pertanyaan yang tidak memiliki kredit (seperti pada persiapan awal).

Untuk pengguna Android, kredit dari hasil Survei Google bisa kamu gunakan untuk berbelanja di Play Store. Sedangkan untuk pengguna iOS (misalnya iPhone), kredit bisa ditarik sebagai uang tunai melalui akun PayPal.

Google menyebutkan kalau mereka mencatat riwayat survei secara terpisah untuk masing-masing platform. Lalu kredit tidak bisa ditransfer dari platform satu ke lainnya. Saldo di Play Store akan berlaku selama 1 tahun sejak tanggal kredit diterima.

Nah, karena Google Opinion Reward sudah ada di Indonesia, sekarang kamu bisa unduh aplikasinya dan mulai mengisi survei. Lumayan, siapa tahu bisa lebih hemat belanja di Play Store.

%d blogger menyukai ini: