Google Perbarui Drive untuk Desktop Windows dan Mac

Google memperbarui aplikasi Drive di komputer Windows dan Mac agar lebih selaras, termasuk perubahan nama aplikasi itu menjadi ‘Drive for Desktop.’ Perubahan ini berlaku baik untuk konsumen bisnis maupun awam,

Drive merupakan layanan penyimpanan cloud dari Google. Aplikasi Google Drive di komputer memungkinkan kamu melakukan sinkronisasi file dari komputer ke cloud dan sebaliknya.

Sebelum ini, layanan Google Drive terbagi jadi dua, yaitu ‘Drive File Stream’ untuk pengguna bisnis dan ‘Backup and Sync’ untuk pengguna awam. Terus terang, nama itu membingungkan dan tidak konsisten.

Google akan menyederhanakan aplikasi di komputer Windows dan Mac menjadi ‘Drive for Desktop.’ Perubahan ini akan berjalan otomatis dan semua fungsi aplikasi akan tetap berfungsi sama seiring perubahan ini.

Walau begitu, Google juga menyebutkan akan ada aplikasi klien baru untuk pengguna bisnis (berhubungan dengan kebutuhan admin perusahaan). Sementara itu, untuk pengguna awam belum ada perubahan lain (selain nama).

Aplikasi Drive untuk Desktop akan tersedia untuk semuanya, baik itu yang memakai Google Workspace Essential, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essential, Enterprise Standard, Enterprise Plus, juga G Suite Basic, Business, Education, Enterprise for Education, pengguna Nonprofit, dan pengguna dengan akun personal.

Mungkin perubahan ini tidak memiliki efek yang besar. Namun mengingat nama aplikasi sebelumnya yang membingungkan, perubahan nama dan penyatuan ini perlu kamu ketahui. Ya, supaya tidak lebih bingung.

Perubahan ini mulai berjalan sejak versi 45 pada aplikasi yang bersangkutan. Berdasar halaman dukungan dari Google, versi itu sudah bergulir sejak 29 Januari 2021 (entah kenapa Google baru mengumumkannya kemudian).

Yah, paling tidak buat kamu yang memakai layanan cloud Google ini, kini kamu tahu kalau namanya berubah jadi ‘Drive for Desktop.’

%d blogger menyukai ini: