Google Pixel 6a Resmi Hadir untuk Saingi iPhone SE (2022)

Indri Penulis

Google menghadirkan ponsel Google Pixel 6a di acara keynote Google I/O 2022. Ponsel ini ditenagai oleh chip AI “Tensor” kembar Pixel 6 dan 6 Pro.

Kalau bicara soal ponsel murah terbaik tahun 2022, pasti nggak bakal jauh-jauh dari ponsel murah yang ditawarkan oleh Apple dan Google, yakni iPhone SE (2022) yang sudah rilis lebih dulu vs Google Pixel 6a yang rilis 11 Mei 2022.

Sebelumnya, iPhone SE (2022) resmi menggebrak pasar murah dengan spesifikasinya yang cukup oke. Sekarang rival abadinya, Pixel 6a resmi memasuki pasar. Jadi mari kita lihat, seperti apa spesifikasi Pixel 6a dan apakah ia bisa mengungguli iPhone Se (2022) atau tidak.

Google Pixel 6a Si Rival Abadi iPhone SE (2022)

Dilihat dari namanya, sudah jelas kalau Google Pixel 6a adalah penerus dari Google Pixel 5a yang rilis tahun lalu. Tapi ada yang sedikit berbeda dari Pixel 6a. Kalau pendahulunya Pixel 5a nggak jauh beda dari Pixel 4a 5G, maka Pixel 6a kali ini menyajikan peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya.

Pertama, ponsel ini menawarkan kasing two-tone unik yang sama seperti Pixel 6. Dengan kasing two-tone seperti ini, Pixel 6a akan terlihat lebih menonjol dibanding desain bodi kebanyakan ponsel yang terlihat monoton.

Google juga mengecilkan layar ponsel barunya menjadi 6,1 inci (Pixel 5a dulu berukuran 6,34 inci). Dengan ukuran segitu, Pixel 6a hampir seukuran dengan Pixel 5.

Kedua, ponsel anyar ini ditenagai oleh chip Google Tensor, chipset yang juga mentenagai ponsel premium seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Dulu Pixel 5a cuma menggunakan chip kelas menengah Snapdragon.

Kalau Pixel 6a tetap menggunakan chip kelas menengah seperti pendahulunya, mungkin dia nggak bakal bisa bersaing dengan iPhone SE (2022). Pasalnya iPhone SE (2022) ditenagai chip Apple Bionic A15 yang sama dengan jajaran iPhone 13 Series. Nah karena sekarang Pixel 6a pakai chip Tensor, jadi performanya nggak beda jauh sama rivalnya.

Dengan pemakaian chip Tensor, Pixel 6a juga dibekali dukungan 5G, keamanan Titan M2, dan memiliki kecepatan yang cukup untuk menjalankan tugas-tugas kompleks seperti Google Live Translate.

Lanjut dari segi kamera, iPhone SE (2022) cuma punya satu kamera di belakang. Sedangkan Pixel 6a hadir dengan dual-camera 12MP (sensor utama) + 12MP ultrawide yang jelas membuatnya lebih unggul dari rivalnya. Sedangkan di depan, ponsel ini menggunakan kamera 8MP sama seperti sebelumnya.

Dari segi perangkat lunaknya, Pixel 6a menyajikan perangkat lunak yang lebih disempurnakan. Ponsel ini menyajikan alat pengeditan foto Google Magic Eraser, serta fitur Real Tone untuk menangkap nuansa warna kulit dengan lebih baik. Ponsel ini juga dilengkapi fitur Night Sight yang nggak dimiliki oleh iPhone SE (2022) – iPhone SE (2022) nggak punya mode malam -.

Terakhir, Google mengatakan kalau ponsel terbarunya itu akan menerima 5 tahun peningkatan keamanan, menjadikannya investasi yang solid kalau penggunanya nggak berencana gonta-ganti HP. Ponsel ini tersedia dalam varian warna Charcoal, Chalk dan Sage. Tapi sayangnya menurut halaman resmi Google, ponsel ini nggak masuk di Indonesia guys.

    %d blogger menyukai ini: