Google Search Kini Punya Banyak Fitur Baru yang Lebih User-Friendly

Google resmi mengumumkan sejumlah fitur baru untuk Google Search. Apa saja fitur barunya? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Siapa sih yang tidak mengetahui Google Search? Mesin pencari besutan Google ini telah ada sejak bertahun-tahun lalu, dan telah dipakai jutaan orang di seluruh dunia tiap harinya.

Sepak terjang Google Search untuk menyajikan informasi pun tak perlu diragukan lagi. Apalagi, Google telah membekali mesin pencari kesayangan dengan beragam fitur canggih.

Hari ini, Google kembali menghadirkan sejumlah fitur baru ke Google Search. Fitur-fitur ini diklaim lebih canggih dibanding sebelumnya.

Deretan Fitur Baru di Google Search

Peningkatan Fitur ‘Maksud Anda’

Menurut Google, 1 – 10 pengguna Search sering mengalami salah eja. Misal mau menulis ‘pergi’ tapi malah menjadi ‘oergi.’ Selama ini untuk mengatasi masalah ini, Google telah menghadirkan fitur ‘Maksud Anda.’

Sumber Gambar : Google

Kali ini, perusahaan meluncurkan peningkatan pada baru pada fitur Maksud Anda. Google memakai jaringan neural dengan 680 juta parameter, Search bisa lebih paham konteks yang dimaksud pengguna.

Selain itu, waktu respon dalam menampilkan informasi penelurusan juga lebih cepat. Setelah adanya pembaruan ini, Google Search bisa menampilan hasil dari fitur ‘Maksud Anda’ kurang dari 3 milidetik.

Peningkatan Pada Fitur Bagian

Penelusuran secara spesifik memang terkenal sulit. Kita ingin cari tahu info soal ‘ini,’ tapi yang ditampilkan Google Search biasanya cuma paragraf web pertama. Itu pun kadang tidak nyambung dengan apa yang kita cari.

Sumber Gambar : Google

Tapi sekarang, Google Search tidak hanya bisa mengindeks halaman web. Google Search kini bisa menampilkan paragraf tertentu dari postingan web. Menariknya, paragraf yang ditampilkan bakal sesuai dengan info yang kalian inginkan.

Statistik yang Lebih Mudah Dipahami

Tidak sedikit orang lebih percaya data yang ditampilkan lewat statistik. Sayangnya kebanyakan orang cenderung lebih sulit memahami data statistik.

Sumber Gambar : Google

Kini Google mencoba menghadirkan fitur statistik ke Search. Sekarang saat kalian bertanya ke Google seperti ‘berapa banyak orang yang bekerja di Chicago,’ Google akan langsung menampilkan data statistik di hasil pencarian.

Google akan memetakan penelurusan kalian ke satu kumpulan statistik. Google juga akan menampilkan miliaran titik Commons Data untuk memberikan statistik yang tepat secara visual. Tentunya, statistik ini lebih mudah dipahami banyak orang.

Melihat Momen Penting di Video

Saat mencari video di Search, mesin pencari ini akan menampilkan deretan video dari YouTube. Tapi yang video yang ditampilkan hanya thumbnail dan judulnya saja.

Sumber Gambar : Google

Kedepan, kalian bisa melihat momen-momen penting dalam video. Kalau diumpamakan buku, kalian bisa menelusuri isi buku dari bab yang berbeda-beda.

Google telah menguji coba fitur tersebut mulai tahun ini. Kemudian akhir tahun nanti, Google berharap 10% pencarian di Search sudah bisa pakai teknologi baru ini.

Fitur Subtopik

Fitur ini memang belum diluncurkan. Tapi Google berencana meluncurkan fitur Subtopik akhir tahun ini. Tapi apa itu fitur Subtopik?

Subtopik akan menampilkan hasil pencarian yang lebih beragam. Contoh ketika kalian mencari ‘perlengkapan olahraga di rumah.’ Subtopik akan menampilkan beberapa kategori seperti perlengkapan murah, pilihan premium, atau perlengkapan olahraga untuk ruang kecil.

%d blogger menyukai ini: