Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Google Umumkan “Chrome OS Flex” – Bisa Ubah PC & Mac Jadi Chromebook

Indri Penulis

Google resmi mengumumkan versi beta dari “Chrome OS Flex,” versi terbaru Chrome OS yang dirancang khusus untuk PC dan Mac.

Selama ini Chrome OS bikinan Google mungkin hanya digunakan di Chromebook. Namun selama beberapa tahun ini, Google mulai bikin proyek yang bertujuan untuk membawa Chrome OS ke PC.

popculture.id

Salah satu contoh proyeknya adalah dengan mengakuisisi CloudReady OS, cabang dari Chromium OS bikinan Neverware yang ditujukan untuk keperluan bisnis dan sekolah. Setelah CloudReady OS resmi diakuisisi, Google lalu mengubahnya menjadi “Chrome OS Flex.”

“Chrome OS Flex” resmi diumumkan Google pada 16 Februari 2022 lewat postingan blog terbarunya. Kurang lebih seperti inilah isi pengumuman terbaru Google:

Untuk membantu lebih banyak organisasi mengadopsi solusi komputasi modern, Google mengakuisisi Neverware pada tahun 2020.”

Sebagai pengembang CloudReady, sistem operasi yang dibangun di atas Chromium OS, mereka telah membantu banyak bisnis dan sekolah untuk memodernisasi PC serta Mac seperti Nordic Choice Hotels, ABN AMRO dan MyGate. Sejak saat itu, kami berusaha bekerja keras untuk mengintegrasikan manfaat CloudReady ke dalam versi terbaru Chrome OS,” lanjut Google.

Jadi sama seperti produk CloudReady asli, Chrome OS Flex adalah versi modifikasi dari Chrome OS yang bisa di-install ke PC dan Mac. Menariknya, OS versi terbaru ini juga memiliki interface yang sama persis dengan tampilan di Chromebook.

Google sendiri mengatakan kalau Chrome OS Flex punya ‘basis kode dan ritme rilis yang sama dengan Chrome OS.’ Selain itu, komputer yang menjalankan Chrome OS Flex juga bisa dikelola via jarak jauh seperti Chromebook (tentunya ini akan menjadi nilai jual penting bagi sekolah dan bisnis di era pandemi seperti sekarang).

Lebih lanjut, Chrome OS Flex juga hadir dengan fitur bawaan seperti Google Assistant, dukungan untuk akun Family Link, Smart Lock, Instant Tethering, dan Nearby Sharing.

Walau Chrome OS Flex memiliki tampilan dan dukungan fitur yang sama seperti Chrome OS, namun sebenarnya masih ada beberapa hal yang membedakan mereka berdua.

Google mengatakan di halaman dukungan bahwa, dukungan aplikasi Android dan Parallels Desktop tidak ada di versi Flex. Selain itu, secure bot yang juga tidak sekuat di Chromebook asli. OS Flex juga belum mendukung PC ARM, jadi perangkat seperti Surface Pro X dan MacBook Pro 2021 belum bisa mem-boot OS Flex.

Sementara itu, Google saat ini masih menguji versi beta OS Flex. Kalau kamu tertarik mencobanya, kamu bisa buka situs web Chrome Enterprise. Oya karena ini masih dalam tahap beta, jadi mungkin kamu nanti akan menemukan bug. Mungkin buat jaga-jaga, kamu bisa mem-boot OS Flex langsung ke USB Drive (buat lihat-lihat dulu, sebelum menginstalnya ke komputer).

    %d blogger menyukai ini: