Apa Itu Gorilla Glass? Kenapa Penting Untuk Sebuah Smartphone?

gorilla glass

Urban People, jika kamu punya sebuah smartphone pasti sudah tidak asing dengan istilah Gorilla Glass yang katanya sangat berguna untuk smartphone.

Istilah tersebut biasanya diucap oleh para sales smartphone di Mall-Mall saat membeberkan fitur-fitur yang ada pada smartphone sekarang ini.

[irp posts=”54458″ name=”Samsung Kembangkan Sensor 3D Untuk Menyaingi Face ID”]

Yap, Gorilla Glass mungkin menjadi salah satu fitur yang sangat penting untuk sebuah smartphone. Namun apakah kamu tahu kegunaan dari Gorilla Glass tersebut?

Gorilla Glass adalah teknologi coating atau sebuah lapisan yang berguna untuk melindungi layar smartphone kamu dari goresan ataupun benturan dengan tetap mempertahankan postur tipis dan juga kekinian.

gorilla glass

Teknologi tersebut adalah salah satu alasan mengapa layar smartphone sekarang ini bisa tahan dari goresan dan juga benturan ringan dari kecerobohan si pemakainya.

Awal mula Gorilla Glass sebenarnya bernama “Project Muscle” yang dibuat oleh Corning Inc pada tahun 1960an yang bertujuan untuk membuat kaca-kaca lebih kuat.

Dari studi tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa dengan mencelupkan kaca pada kalium dapat menyebabkan pertukaran ion yang dapat memperkuat kaca, intinya seperti itu.

gorilla glass

Untuk versinya, Corning sudah menyeluarkan sebanyak 6 versi:

  • Versi 1 pada Februari 2008
  • Versi 2 pada Januari 2012
  • Versi 3 pada Januari 2013
  • Versi 4 pada November 2014
  • Versi 5 pada Juli 2016
  • Versi SR+ pada Agustus 2016

Lalu apa perbedaannya dari masing-masing versi Gorilla Glass?

Pertama-tama, hanya terdapat 6 versi dari Gorilla Glass yang biasanya digunakan oleh smartphone sekarang ini, yaitu versi 1 sampai versi 5. Sementara versi SR+ hanya digunakan untuk smartwatch.

Dan sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari setiap versi Gorilla Glass, hanya daya ketahanan dari jatuh saja yang berbeda.

[irp posts=”54430″ name=”Apa Yang Kamu Cari Dari Spesifikasi Smartphone Game?”]

Jadi, Gorilla Glass sangat penting untuk melindungi smartphone khususnya pada bagian layar. Dan dengan fitur Gorilla Glass tersebut, sebenarnya kamu sudah tidak membutuhkan screen protector tambahan jika tidak ada rencana untuk menjual smartphone kamu nantinya.

Satu hal yang harus kamu tahu, jangan mentang-mentang “tahan banting” kamu malah dengan sengaja membantingnya dan Gorilla Glass tidak dibuat dengan bahan baku Gorilla sungguhan ya. ?

    %d blogger menyukai ini: