Colorful iGAME KUDAN – GPU NVIDIA GeForce RTX 3090 Termahal di Dunia

Colorful baru-baru ini pamerkan iGAME KUDAN, kartu grafis GPU NVIDIA GeForce RTX 3090 edisi terbatas termahal di dunia. Apa sih keistimewaannya?

Dijuluki kartu grafis termahal di dunia, kami pasti penasaran berapa harga yang dibanderol untuk GPU in ikan? Jadi iGAME KUDAN NVIDIA GeForce RTX 3090 dibanderol dengan harga $4,999 (atau sekitar Rp 70 jutaan).

Nah, dengan harga semahal itu, apa sih yang bikin kartu grafis edisi terbatas ini istimewa? Kita mulai dari desainnya dulu ya.

Kartu grafis ini hadir dengan warna hitam matte dengan aksen emas di bagian-bagian tertentu. Contohnya di bagian selubung aluminium mesin CNC yang dibikin berwarna hitam, perak dan emas. Kemudian bagian roda gigi desainnya terinspirasi dari steampunk. Membuatnya terlihat elegan, tapi di sisi lain juga misterius. Cakep sih!

Sumber : Colorful

Kalau boleh dibilang, sebenarnya Colorful iGAME KUDAN adalah GPU dengan bodygembrot.” Pasalnya GPU ini menyajikan desain tiga slot dan sistem triple-fan cooling. Kemasan cangkangnya terlihat gemuk karena menampung GPU, radiator, dan beberapa aksesoris (obeng, penutup tombol dan dudukan kartu grafis).

Soal performanya, RTX 3090 versi iGAME KUDAN ini hadir dengan 10.496 inti CUDA, serta RAM GDDR6X 24GB yang bisa berjalan dalam kecepatan clock 1395MHz/1695MHz (base/boost).

Sumber : Colorful

Satu lagi yang menarik, agar GPU edisi terbatas ini benar-benar berbeda dengan versi aslinya, Colorful sengaja menyempilkan solusi overclocking satu tombol “khas” mereka, yang mampu mendorong kecepatan clock hingga 1860MHz.

Di sisi lain, GPU ini memakai tiga konektor daya PCle 8-pin dan mampu menarik daya maksimum 500W saat di-overclock. Itu artinya, kamu butuh setidaknya solusi daya 1200W – 1500W untuk membuka potensi penuh dari GPU edisi spesial ini.

Sekarang kita beralih ke sistem pendingin. Kartu grafis ini dibekali sistem hybrid yang cukup lengkap, terdiri dari pendingin udara dan air. Buat sistem pendingin udara, kita ketemu dengan tiga kipas 90mm yang dipasangkan di atas heatsink dan 6 pipa panas 6mm.

Sumber : Colorful

Kalau di sistem pendingin cair, iGAME KUDAN menawarkan fitting inlet dan outlet quick-release buat memasang radiator 240mm. GPU ini juga dilengkapi pompa serta tabung hardline.

Tapi sistem pendingin cair di GPU ini sifatnya ‘opsional,’ sebab dia sudah bisa berjalan dengan baik pakai sistem pendingin udara. Tapi kalau ingin lebih canggih, kamu bisa memasang fitting (buatan Swiss dan bisa diputar 360 derajat) ke GPU.

%d blogger menyukai ini: