Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Gratis – Inilah Program Video/DVD Converter Yang Memenuhi Kebutuhan

Anom Penulis
SponsoredWInX

Saat ini, sebagian besar konten populer yang beredar di masyarakat memiliki format video. Dengan begitu, program atau aplikasi seperti video converter pun semakin banyak dipakai. Terutama yang mendukung perubahan format untuk berbagai perangkat.

Kita tahu ada banyak jenis perangkat yang bisa dipakai menonton video. Mulai dari handphone, tablet, komputer, sampai TV, bahkan konsol game. Semua bisa menjadi alat tontonan.

popculture.id

Namun masing-masing perangkat itu memiliki standar resolusi dan dukungan format yang berbeda. Mengubah video ke resolusi dan format yang kurang tepat, bisa mengurangi kualitas dan kenikmatan saat menonton.

Tidak heran kalau beberapa program video converter menghadirkan fitur pengubah format yang bisa menjadikan perangkat tertentu sebagai target. Kamu tinggal memilih perangkat tujuan — misalnya untuk smartphone Android — dan mengubah videomu.

Kadang Mengolah Video Tidak Mudah

Salah satu program yang bisa kamu pakai untuk mengubah format video adalah HandBrake. Program ini merupakan sebuah video converter berbasis open source. Ia mendukung banyak perangkat, mendukung banyak format, dan memiliki beberapa fitur lain, seperti: Mengubah video sekaligus banyak, teks terjemahan (subtitle), filter, dan lain-lain. HandBrake juga berfungsi sebagai DVD ripper.

Walau secara umum sangat memadai, sayangnya, tampilan program ini kurang bersahabat. HandBrake menampilkan sebagian besar fiturnya langsung di depan dan penuh dengan istilah teknis. Kalau kamu tidak familiar dengan istilah atau teknik pengolahan video, kamu bisa bingung memakainya.

Tampilan HandBrake

Selain itu, kadang  terjadi pula kendala di HandBrake. Misalnya tidak membaca keping DVD, mengubah hanya sebagian video, crash, bahkan sampai memberi hasil yang tidak sesuai harapan. Seringkali masalah ini sangat bersifat teknis, yang tidak mudah diselesaikan oleh pengguna umum.

Sebagai contoh, untuk menyelesaikan masalah output yang menurun kualitasnya, kamu harus mengunduh versi terbaru libdvdcss, membuka proteksi DVD, baru menyalinnya dengan HandBrake.

Jadi memakai program ini butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan cara kerjanya. Selain itu juga dibutuhkan sedikit kesabaran kalau ada kendala di HandBrake. Tapi kalau kamu cukup sabar dan telaten, program ini bisa memenuhi kebutuhan mengubah video.

Mencari Alternatif HandBrake Yang Pas

Salah satu program video converter lain yang layak dicoba adalah WinX HD Video Converter Deluxe. Sebagai alternatif HandBrake, program ini bukan hanya sekedar converter saja. Tapi juga sebagai YouTube downloader dan video editor.

Program ini mendukung banyak fitur. Mendukung resolusi dan format dari/untuk berbagai perangkat. Mulai dari kualitas resolusi SD, HD, sampai 4K UHD; berbagai format dan codec video/audio H.264, MP4, MKV, AVI, MOV, HEVC, WebM, dll; perangkat Apple, Android, konsol, sampai perangkat Chromecast.

Yang tidak kalah menarik, program ini juga mendukung Level-3 Hardware Acceeration. Terutama untuk Intel QSV dan NVIDIA CUDA/NVENC. Dukungan ini bisa mempercepat proses pengolahan video sampai 16x.

Tampilan WinX HD Video Converter Deluxe

Fungsi editing program ini juga banyak. Kamu bisa memotong durasi video (trimming), melakukan cropping, memutar dan membalik posisi gambar, menggabungkan beberapa klip jadi satu, menambah subtitle, menambah watermark-mu sendiri, dll. 

Sedangkan kalau kamu membutuhkan program DVD ripper, kamu juga bisa mencoba WinX DVD Ripper Platinum. Dibuat oleh perusahaan yang sama, program ini juga memiliki standar dan fitur yang serupa dengan Video Converter Deluxe.

Sebagai program DVD ripper, program ini memiliki fitur unik. WinX DVD Ripper Platinum punya beberapa mode penyalinan DVD. Yaitu: Duplikasi DVD ke format ISO ke dalam folder komputer dengan rasio 1:1, membuat backup (cadangan) DVD untuk diputar di berbagai perangkat (PC. PS3, PS4, Xbox Media center, dll), atau menyalin DVD ke format MPEG2 dengan semua elemen Video, Audio, dan Subtitle.

Tampilan WinX DVD Ripper Platinum

Di samping fitur yang tidak kalah powerful dan lebih unik dibanding HandBrake, kedua program di atas juga memiliki penampilan yang lebih mudah dipahami dan dipakai. Kemungkinan besar, walau kamu tidak memahami teknis pengolahan video, kamu bisa langsung memakainya.

Oya, WinX HD Video Converter Deluxe dan DVD Ripper Platinum tersedia untuk perangkat Windows dan macOS. Sedangkan WinX Video Converter tersedia untuk perangkat Windows.

program video converter alternatif handbrake
Alternatif HandBrake yang menarik

Nah, supaya kamu bisa membandingkan program di atas, saat ini WinX memiliki program giveaway. Kamu bisa mengunduh WinX HD Video Converter dan mencoba berbagai fiturnya.

Kalau kamu berminat dan ingin mencoba, kamu bisa membaca informasi lebih jauh dan mengunduh program versi trial tersebut melalui link di bawah ini.

WinXDVD Giveaway

    %d blogger menyukai ini: