Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

GroupMe: Ngobrol di Grup dengan Dukungan Galeri Foto, Acara, dll.

Anom Penulis

Saat Microsoft mengumumkan berakhirnya fitur Rooms di Windows Phone, perusahaan teknologi itu menyarankan aplikasi GroupMe sebagai penggantinya. GroupMe merupakan sebuah aplikasi messenger yang fokus pada percakapan grup. Karena itu, aplikasi ini juga dipersenjatai fitur yang sesuai, seperti galeri foto dan jadwal acara.

Sebenarnya, aplikasi messenger GroupMe sudah beredar cukup lama. Kalau tidak salah sudah sejak era Windows Phone 7.8. Saat itu fiturnya belum selengkap sekarang.

popculture.id

Tampilan utama GroupMe adalah daftar percakapan grup. Tampilan ini bisa diatur sebagai tile atau list. Walau aplikasi ini mengutamakan percakapan grup, GroupMe bisa juga digunakan untuk obrolan perorangan.

Sama seperti aplikasi messenger lain, GroupMe mendukung emoticon, dan berbagai foto, video. lokasi atau acara. File media akan masuk ke galeri, sedangkan acara akan masuk ke kalender. Sayangnya, berbagi berkas dokumen belum tersedia.

Salah satu keunggulan GroupMe dari aplikasi lain adalah acara. Di aplikasi ini, kita bisa dengan mudah membuat acara dan mengundang teman-teman kita. Mereka bisa memilih akan hadir atau tidak. Bahkan, kita bisa membuat reminder untuk acara itu.

Ada beberapa fitur lain yang layak disebut. GroupMe tersedia di berbagai platform. Bahkan juga bisa dilakukan melalui browser komputer di groupme.com. Sebenarnya, aplikasi ini juga bekerja dengan SMS. Tapi layanan ini baru berjalan di Amerika Serikat.

Fitur-fitur yang ditawarkan menurut saya menarik dan sangat fungsional. Saya pikir aplikasi messenger ini cocok digunakan untuk teman-teman kerja, komunitas, sampai keluarga.

Sayangnya, aplikasi ini masih terasa cukup lambat. Baik obrolan, mengirim berkas, dll belum secepat WhatsApp, Line atau Telegram (maaf saya bukan pengguna BBM, jadi tidak bisa membandingkan). Lalu, karena aplikasi ini buatan Microsoft, saya bertanya-tanya kenapa fitur-fitur fungsional ini tidak digabungkan saja ke Skype. Dengan begitu, Windows memiliki satu aplikasi messenger yang komplit dan fungsional, alias powerful.

Terakhir, seperti yang sudah sering saya utarakan, sebagus-bagusnya aplikasi messenger tidak akan terlalu berguna saat tidak ada teman yang menggunakannya. Kalau melihat testimoni di bursa, memang ini yang menjadi tantangan terbesar.

    %d blogger menyukai ini: