5 Hal Yang Mempengaruhi Harga iPhone Bekas

Anom Penulis

“Apa saja faktor yang mempengaruhi harga iPhone bekas?” Pertanyaan ini mungkin muncul ketika kamu mau menjual atau membeli iPhone second hand. Sebuah pertanyaan wajar, karena memang kamu harus memperhatikan beberapa hal dalam mempertimbangkan apakah harga itu layak atau tidak.

iPhone memang salah satu smartphone paling populer. Selain itu, ponsel buatan Apple ini termasuk produk premium. Sehingga jangan heran kalau harganya relatif tinggi. Bahkan untuk yang bekas. Tapi tetap saja ada kisaran harga wajar.

Faktor yang Mempengaruhi Harga iPhone Bekas

Untuk bisa melihat berapa harga iPhone yang sesuai, kamu perlu memperhatikan beberapa faktor berikut ini.

Model dan Usia

Sama seperti smartphone lain, iPhone sudah hadir dalam beberapa generasi. Ketika ada model baru muncul, harga yang lama akan turun. Wajar.

Lalu salah satu perbedaan antara iPhone dengan ponsel Android adalah dukungan sistem operasi. Apple biasanya memberikan dukungan update iOS sampai sekitar 5 tahun pada perangkat bersangkutan. Dengan begitu, usia pemakaian iPhone biasanya relatif lebih lama.

Untuk itu, ketika kamu mau menjual atau membeli iPhone bekas, kamu perlu mengetahui model dan usia (tanggal rilis), juga apakah masih menerima update iOS atau tidak dan berapa lama waktu dukungan tersisa.

Walau iPhone yang sudah tidak mendapat pembaruan sistem operasi masih bisa kita pakai, namun ada resiko beberapa aplikasi sudah tidak sesuai lagi atau akan tidak berfungsi. Artinya, usia pemakaian bisa pendek.

Kondisi Fisik

Tentu saja kondisi fisik iPhone bekas akan menentukan harganya. Kamu jelas harus memeriksa apakah berbagai komponen yang ada berada dalam kondisi bagus dan berfungsi.

Cukup wajar bila ada sedikit goresan di sana sini akibat pemakaian. Apalagi kalau kamu tidak menggunakan pelindung (casing). Tentu, kalau komponen yang rusak — layar retak, colokan kendor, dll — jelas akan membanting harga iPhone bersangkutan.

Keaslian Komponen

Keaslian komponen iPhone juga mempengaruhi harganya. Karena bukan tidak mungkin komponen yang tidak asli itu akan mempengaruhi fungsi dan kualitas pemakaian. Bahkan, Apple sendiri akan menolak tukar tambah jika iPhone bersangkutan ketahuan memiliki komponen yang tidak asli.

Memang harga komponen asli iPhone (produk Apple) punya harga lebih tinggi. Namun hal ini juga akan menjaga kualitasnya. Yang pada akhirnya mempengaruhi harga.

Kapasitas Penyimpanan

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi besarnya ukuran file. Misalnya ukuran aplikasi, ukuran foto/video, dll. Oleh karena itu, biasanya iPhone dengan kapasitas penyimpanan besar lebih disukai.

Yah, bagaimanapun, kapasitas penyimpanan besar memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak data. Akhirnya lebih fleksibel dan nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Sehingga jangan heran ketika harga iPhone bekas bisa berbeda jika punya kapasitas penyimpanan berbeda walau dalam generasi yang sama.

Kondisi Baterai

Satu lagi yang tidak kalah vital adalah kondisi baterai. Kondisi baterai yang buruk biasanya tampak dari kapasitas maksimum pengisian daya yang menurun secara tidak wajar (jika dibanding usia iPhone).

Kapasitas pengisian daya maksimum yang rendah berarti waktu pemakaian yang pendek. Artinya kamu hanya bisa memakai sebentar dan sibuk mengisi daya. Ini jelas menyebalkan.

Jaga Kondisi iPhone Supaya Harga Tetap Tinggi

Jika kamu nantinya ingin menjual iPhone milikmu, dari beberapa faktor di atas, sudah jelas kalau kamu perlu menjaga kondisinya. Misalnya dengan menggunakan casing pelindung, menjaga keawetan baterai (misalnya pasang notifikasi waktu charge iPhone), dll.

Jika kamu mau membeli iPhone bekas, kamu juga sudah tahu apakah harga yang tertera sesuai atau tidak. Dengan begitu kamu bisa lebih bijaksana menentukan pilihan.

    %d blogger menyukai ini: