Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Setelah Update Windows 11, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Indri Penulis

Ada beberapa hal yang sebenarnya perlu kamu lakukan setelah update Windows 11. Apa saja itu? Temukan jawabannya dalam ulasan ini.

Apakah kamu punya laptop atau PC dan baru saja upgrade dari Windows 10 ke Windows 11? Atau kamu baru beli laptop atau PC baru dengan OS bawaan Windows 11? Hm.. Sebaiknya kamu simak artikel ini dulu deh.

Kali ini saya kasih tahu kamu beberapa hal yang perlu dilakukan setelah update Windows 11. Sebenarnya menyiapkan sistem Windows 11 yang masih baru cukup mudah. Hal yang perlu kamu lakukan cuma mengklik berbagai kotak dialog dan menyesuaikan beberapa hal.

Eits, tapi jangan tertipu dulu ya. Walaupun semua prosesnya tampak mudah, tapi kamu tetap perlu memodifikasi beberapa hal untuk memastikan Windows 11 supaya benar-benar siap digunakan.

Kamu juga perlu ingat, pengaturan default Windows 11 tidak dibuat khusus untukmu. Jadi kamu mungkin bakal menemukan beberapa pengaturan yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Makanya, sebaiknya lakukan beberapa hal ini ya setelah mendapatkan Windows 11.

Gunakan Akun Microsoft

Kalau kamu menggunakan versi Windows 11, kamu punya dua opsi untuk mengatur akun pengguna utama. Yakni pakai akun lokal atau akun Microsoft.

Jika sebelumnya kamu lebh suka pakai akun lokal, mulai sekarang sebaiknya ganti dengan akun Microsoft. Pasalnya pemakaian akun lokal sudah nggak terlalu aman.

setelah update windows 11

Akun Microsoft akan memberikan beberapa keuntungan buatmu. Misalnya kamu bisa login pakai sidik jari atau pengenalan wajah dengan Windows Hello.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur otentikasi dua faktor (cocok untukmu yang selalu bepergian, di mana resiko kehilangan laptop lebih tinggi). Kamu juga bisa mengenkripsi drive tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Akun Microsoft juga bisa memulihkan data jika kamu nggak sengaja lupa kata sandi. Kemampuan ini tentu akan sangat membantu orang-orang yang sering lupa kata sandi mereka.

Baca Juga:  Solusi Menikmati Fitur Dynamic Wallpaper Mac untuk Windows

Terakhir kalau kamu berlangganan Microsoft 365, kamu bisa mengakses aplikasi Office dan penyimpanan cloud di komputermu.

Bikin Shortcut Folder

Start Menu Windows 11 sebenarnya lebih sederhana dibanding Windows 10. Kamu juga bisa menyematkan ikon di atas dan membuat shortcut ke aplikasi dan daftar dokumen yang baru saja dibuka.

Intinya, seluruh antarmuka Windows 11 lebih sederhana dan mudah dipahami pengguna.

Walaupun Start Menu Windows 11 terlihat jauh berbeda dibanding Windows 10, tapi kamu bisa lebih gampang menyesuaikannya. Misalnya, kamu bisa menambahkan shortcut folder yang biasa dipakai. Dengan begitu, kamu nggak perlu klik banyak lokasi untuk mengakses folder tersebut.

setelah update windows 11

Hal yang perlu kamu lakukan adalah klik “Settings > Personalization > Start > Folder.” Nah di halaman tersebut, kamu bakal menemukan opsi yang memungkinkan kamu menambahkan pintasan ke bagian bawah Start Manu (kalau di Windows 10, shortcut-nya ada di sisi kanan Start Menu).

Menghapus Bloatware

Tidak hanya menjual perangkat lunak. Windows juga menghasilkan uang dengan menambahkan berbagai aplikasi ke Start Menu dalam setiap penginstalan baru. Makanya jangan heran kalau kamu melihat banyak aplikasi pihak ketiga sudah otomatis terinstal di sistemmu.

Di Windows 10 kamu mungkin akan melihat Candy Crush atau game-game lainnya sudah terpasang otomatis. Tapi kalau di Windows 11 kamu bakal melihat aplikasi streaming seperti Spotify, Netflix, dan beberapa aplikasi media sosial lainnya menggantikan game.

setelah update windows 11

Buat pengguna yang tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, mungkin keberadaan mereka bakal cukup mengganggu. Tapi untungnya, aplikasi-aplikasi tersebut nggak diinstal secara default, jadi pengguna bisa menghapusnya kapan saja.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bloatware di Windows 11? Yang bisa kamu lakukan yakni dengan klik kanan aplikasi yang tidak diinginkan, lalu klik “Uninstall.” Selanjutnya, konfirmasi pilihanmu dan ulang langkah-langkah tersebut ke semua aplikasi yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  3 Aplikasi Translate Terbaik untuk Pengguna Komputer Windows

Siapkan OneDrive

Ketika kamu login pakai akun Microsoft, kamu akan memperoleh penyimpanan cloud gratis sebesar 5GB di Microsoft OneDrive. Kalau kamu belum pernah menggunakan OneDrive sebelumnya, proses konfigurasi OneDrive mungkin agak membingungkan. Tapi bukan berarti kamu nggak bakal bisa melakukannya.

Jika kamu membuka aplikasi, Windows akan membuka jendela mirip File Explorer biasa dengan folder Desktop, Document, Download dan Pictures di dalamnya.

Mungkin menurutmu ini adalah bagian yang membingungkan, tapi folder tersebut sebenarnya merupakan bagian ada aplikasi OneDrive. Jadi semua file yang kamu simpan di dalamnya akan otomatis dicadangkan ke akunmu.

Tapi kalau menurutmu tampilan tersebut mengganggu, kamu bisa lakukan langkah-langkah ini. Buka OneDrive dari area notifikasimu. Kemudian klik “Help & Settings > Settings > Backup > Manage OneDrive Backup.” Setelah itu kamu akan diarahkan ke pengaturan pencadangan OneDrive.

Mengatur Taskbar Windows

Biasanya taskbar di Windows 10 ada di pojok kiri layar. Sekarang taskbar Windows 11 pindah ke tengah layar. Selain itu juga beberapa pengaturan taskbar yang berbeda dari sebelumnya.

Kamu bisa melakukan penyesuaikan taskbar Windows 11 sesuai kebutuhan. Kebetulan saya sudah pernah membahasnya di sini. Jadi kamu tinggal praktikkan saja caranya.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah update Windows 11. Sayangnya beberapa aktivitas di atas sering luput dari pengguna, jadi mungkin banyak yang belum tahu rahasianya. Padahal kalau dipikir-pikir, semua caranya nggak susah kok. Setuju nggak?