5 Hal Sepele yang Bisa Membuat Laptopmu Berumur Panjang

Menggunakan laptop hingga 10 tahun lamanya, mungkin sudah dianggap kuno. Ini karena spesfikasi laptop yang setiap tahunnya semakin meningkat.

Ada begitu banyak orang yang sering mengganti laptopnya sesuai dengan kebutuhan. Namun ada juga banyak orang diluar sana yang berharap laptopnya dapat berumur panjang atau awet.

Tak semua orang mampu membeli laptop sesuai dengan tren masa kini, jadi mau tak mau ia harus selalu menjaga laptop yang dimilikinya dengan baik-baik.

Ada begitu banyak cara untuk menjaga laptop agar tetap awet dan dapat terus menemani perjalanan pendidikan maupun pekerjaanmu.

Dan berikut adalah beberapa hal sepele yang bisa kamu lakukan untuk membuat laptop berumur panjang.

Tidak membiarkan laptop mati karena kehabisan baterai

Sumber Gambar : wikiHow

Apakah kamu sering menggunakan laptop hingga baterainya kritis? Ataukah kamu termasuk salah satu orang yang baru akan berhenti menggunakan laptop ketika sudah mati karena baterainya 0%?

Jika kalian termasuk orang yang seperti itu, tolonglah mulai dari sekarang berhenti melakukan hal tersebut.

Hal ini karena, baterai laptop yang terlau sering dibiarkan habis total akan memperpendek umur baterai tersebut. Sehingga nantinya bateraimu akan menjadi bocor, jadi tak pernah bisa nyala kecuali harus selalu terhubung ke listrik.

Tentu jika hal tersebut kamu biarkan, maka umur laptopmu tidak akan bertahan lama

Jangan meletakkan benda berat di atasnya

Sumber Gambar : Hipwee

Biasanya, sebagai anak kosan kita seringkali merapikan kamar dengan seefektif mungkin, sehingga banyak barang-barang yang kita tumpuk menjadi beberapa tingkat agar difikir lebih hemat tempat.

Namun apa jadinya jika kamu sampai lupa meletkkan laptop dibagian paling bawah? Tentu hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan!

Hal tersebut bisa merusak layar laptop, kamu hanya bisa meletakan maksimal 1 buku besar saja diatas laptopmu, tidak boleh lebih (kecuali buku dengan ukuran kecil).

Stop menggunakan laptop di atas kasur

Sumber Gambar : afitriya

Jika kamu sering beraktvitas diatas kasur bersama laptop kesayanganmu, sebaiknya gunakanlah alas laptop.

Hal ini agar sirkulasi udara pada bagian bawah laptop tetap baik dan tidak menjadi terlalu panas. Karena jika laptop terlalu panas, maka akan memperpendek usia laptop tersebut.

Membersihkan keyboard

Sumber Gambar : Service Laptop Jogja

Kalian pasti sering sekali melihat debu pada keyboard laptop kan? Nah,membersihkan debu pada keyboard memang cukup merepotkan.

Apalagi jika kamu tinggal di linkungan yang kurang bersih, pasti hampir setiap hari keyboardmu akan berdebu meskipun hanya sedikit saja.

Untuk menghindarii hal tersebut, maka gunakanlah pelapis keyboard untuk mencegah debu masuk kedalam sela-sela keyboard.

Harganya pun tak mahal, mulai dari harga Rp10.000 kamu sudah bisa mendapatkannya di toko aksesoris komputer.

Instal dua antivirus di laptop

Sumber Gambar : Aryo-GO

Antivirus merupakan pertahanan awal yang berfungsi untuk mengatasi virus dari perangkat eksternal, seperti flashdisk atau semacamnya.

Salah satu antivius yang populer dan sering digunakan adalah SMADAV. Antivirus yang satu ini adalah buatan asli anak bangsa.

Untuk memperkuat pertahanan laptopmu, kamu juga butuh meng-install antivirrus yang bisa mendeteksi virus-virus dari berbagai situs maupun aplikasi lain yang telah kamu instal.

Sekarang sudah tersedia berbagai antivirus gratis yang bisa kamu unduh di internet, kamu bisa memilih antivirus mana sesuai dengan keinginanmu.

Sebaiknya pilihlah antivirus yang sudah terpercaya dari situs resminya, karena kamu tetap harus berhati-hati jika ada virus yang diselipkan pada aplikasi antivirus tersebut.

Nah itu dia beberapa hal sepele yang bisa membuat laptopmu berumur panjang. Rawatlah laptopmu sebaik mungkin agar dapat bertahann lama.

More Stories
windows 10 mobile lock screen
Anniversary Update: Yang Baru dan Yang Hilang
%d blogger menyukai ini: