Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Handphone Nokia Kembali Menggunakan Lensa Zeiss

kerjasama lensa zeiss nokia
Anom Penulis

Saat nama Nokia hadir kembali di kancah smartphone, banyak pertanyaan muncul. Apakah handphone Nokia masih berkualitas sama seperti dulu? Apakah kamera handphone Nokia masih menggunakan lensa Zeiss?

Kita tahu kalau dulu Nokia terkenal dengan dua hal. Pertama, desain dan ketahanan handphone yang luar biasa. Kedua, kamera handphone yang berkualitas tinggi dan inovatif. Teknologi kamera dan lensa Zeiss Nokia yang bernama PureView berhasil menggebrak dunia mobile photography.

popculture.id

BACA: Apa itu PureView?


Saat itu Nokia menggunakan sistem operasi Windows Phone yang jumlah penggunanya jauh di bawah pengguna Android dan iOS. Toh, handphone Nokia Lumia berhasil bersanding dengan handphone premium lain. Dalam setiap perbandingan kamera handphone, Nokia Lumia kerap hadir dan tidak jarang masuk sebagai yang terbaik.

Yah, kita tahu apa yang terjadi dengan Nokia setelah itu. Microsoft membeli divisi perangkat bergeraknya dan nama Nokia tenggelam untuk sementara waktu. Ketika itu Microsoft tetap mempertahankan lensa Zeiss di handphone Lumia.

Ketika HMD Global membawa kembali handphone Nokia, mereka tidak menyebut apapun soal lensa Zeiss di spesifikasi handphone-nya. Ini membuat beberapa fans Nokia kecewa. Di sisi lain, HMD Global belum mengumumkan handphone yang benar-benar menjadi flagship secara resmi.

smartphone nokia terbaru - nokia 6

Untungnya, berita menggembirakan hadir. Pada tanggal 6 Juli 2017, HMD Global dan Zeiss mengumumkan kerjasama kembali. Lensa Zeiss akan kembali hadir di handphone Nokia.

Melalui press release, mereka menyebutkan bahwa Nokia dan Zeiss sudah bekerjasama cukup lama dan sama-sama berkomitmen untuk selalu meningkatkan kepuasan konsumen. Tentunya melalui teknologi kamera yang sudah jadi bagian hidup sehari-hari.


BACA: Handphone Nokia Apa yang Pernah Kalian Miliki?


Mengutip komentar dari HMD Global:

Collaborating with ZEISS is an important part of our commitment to always deliver the very best experience for our customers. Our fans want more than a great smartphone camera, they want a complete imaging experience that doesn’t just set the standard but redefines it. Our fans expect it and, together with ZEISS, we’re delivering it – co-developed imaging excellence for all.

— Arto Nummela, CEO, HMD Global

Zeiss juga menyatakan hal senada:

The collaboration of HMD Global with ZEISS for Nokia smartphones will again enhance consumers’ holistic imaging experience based on excellence and innovation. Our partnership is built on a solid foundation. Together, we look forward to an exciting journey into the future of sophisticated smartphone imaging.

— Dr. Matthias Metz, Member of the Executive Board of ZEISS Group

Yah, Nokia baru saja memulai langkah baru. Secara perlahan, HMD Global berusaha mengembalikan handphone Nokia seperti masa kejayaannya dulu. Termasuk menggunakan lensa Zeiss kembali di handphone Nokia.

Ini jelas bukan sesuatu yang mudah. Android sudah penuh dengan pemain besar. Samsung berada di puncak. Di bawahnya masih ada Huawei, Oppo, Xiaomi, LG, dll. Belum lagi iPhone yang bersaing dengan Samsung di persaingan handphone flagship.

HMD Global (Nokia) dan Zeiss perlu sebuah gebrakan seperti PureView untuk bisa kembali bersaing di teknologi kamera. Mungkin sesuatu yang meningkatkan tren dual kamera ke tahap selanjutnya?

    %d blogger menyukai ini: