Handphone Tanpa Dukungan Windows 10 Mobile Sampai di Ujung Jalan

windows phone lumia 720

Tanggal 2 Agustus mendatang Anniversary Update akan datang ke semua perangkat Windows 10, termasuk mobile. Dengan demikian, selesailah perjalanan Windows Phone yang tidak mendukung Windows 10 Mobile.

Seperti kita ketahui bersama, banyak perangkat Windows Phone yang tidak secara resmi mendukung Windows 10 Mobile. Sebagian besar perangkat itu adalah handphone yang sudah “cukup berumur”. Salah satunya adalah Lumia 920.
[junkie-tabs] [junkie-tab title=”Baca juga”]

[/junkie-tab] [/junkie-tabs]
Ketika Windows 10 Mobile dirilis, Microsoft menyebutkan bahwa handphone tersebut tetap bisa mendapat upgrade Windows 10 Mobile KALAU menjadi anggota Windows Insider. Namun, seiring berkembangnya Windows 10 Mobile Insider, keterbatasan pun muncul.

Lumia yang tidak secara resmi mendapat Windows 10 Mobile tidak bisa masuk ke Fast Ring dan tidak bisa mencicipi update Redstone. Lagi-lagi seperti yang sudah kita ketahui, Redstone adalah basis Anniversary Update. Update ini ditandai dengan build 14xxx.

Hari sudah semakin mendekati tanggal rilis Anniversary Update. Windows 10 Insider juga sudah hampir final. Update kumulatif terus bergulir. Tanda build terakhir–build 14393–sedang dipersiapkan untuk dirilis secara resmi.

Di Forum Windows Insider, Microsoft mengingatkan hal itu melalui tiga poin penting.

  • Perangkat yang tidak mendukung Windows 10 Mobile tidak akan mendapat update lebih dari build 10586.
  • Perangkat yang tidak mendukung Windows 10 Mobile tidak akan bisa memilih Preview Ring Windows Insider.
  • Update aplikasi dan layanan (yang berhubungan dengan Anniversary Update) kemungkina akan tidak tersedia, dan dengan demikian akan membatasi pengalaman penggunaan perangkat.

Microsoft juga menambahkan bahwa perangkat yang tidak mendapat dukungan tersebut tetap bisa kembali ke Windows Phone 8.1. Tentunya menggunakan Windows Device Recovery Tools. Namun, tidak akan ada pilihan kembali ke Windows 10 Mobile.

Palu sudah diketuk. Saatnya pengguna Windows Phone yang tanpa dukungan mempertimbangkan segala pilihannya. Kalau memang suka dengan ekosistem Windows 10, pilihannya adalah mengganti perangkat ke yang mendukung Windows 10 Mobile. Misalnya Lumia 930, Lumia 1520, Lumia 640, Lumia 950, dll. Yang kecewa, tentu saja bisa beralih ke platform lain. Toh Microsoft sendiri juga mengembangkan layanannya di platform lain.

Sumber: Forum Insider

Ada komentar?