hapus background foto

Hapus Background Foto Bisa Dilakukan Dengan Otomatis

Menghapus latar belakang foto bisa jadi perkerjaan yang melelahkan. Bahkan ketika kamu punya sedikit keahlian desain grafis. Namun, sekarang ada cara hapus background foto dengan mudah, cepat dan otomatis. Siapa pun bisa melakukannya.

Dengan menghapus latar belakang foto, kamu bisa melakukan banyak hal kreatif. Misalnya membuat poster atau membuat stiker untuk WhatsApp dan Telegram. Lalu, bagaimana melakukannya?

Yang Harus Diperhatikan Saat Menghapus Background Foto

Ya, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan agar proses ini berjalan maksimal. Sehebat-hebatnya aplikasi, tetap ada batasan kemampuan.

  • Pilih foto yang tajam.
  • Pilih foto dengan cahaya dan warna cukup kontras (ada perbedaan yang jelas).
  • Pilih foto dengan ukuran dan kualitas memadai.
Hapus Background Foto Lebih Mudah Dari Yang Kamu Kira

Mari kita coba dengan foto di bawah ini. Bisa kamu lihat, ketajaman gambarnya bagus. Perbedaan cahaya dan warna cukup kontras. Namun, ada beberapa bagian sulit seperi rambut dan sol sepatu (yang warnanya mirip background).

cewek loncat
Foto: Anthony Ginsbrook | Unsplash

Alat yang kita gunakan adalah sebuah aplikasi web. Kamu bisa membuka remove.bg di browser.

Di sana, instruksi yang ada hanya satu: Upload foto atau letakkan link gambar. Setelah itu aplikasi yang akan melakukan proses edit secara otomatis.

Hm, terdengar terlalu mudah. Apakah hasilnya memuaskan? Ya, cukup memuaskan. Aplikasi ini berhasil mengenali latar belakang dan menghapusnya dengan cukup baik. Yah, memang ada beberapa bagian yang ikut hilang, karena warnanya terlalu dekat dengan latar belakang.

Screen Shot Remove Background
Sebelum dan sesudah hapus latar belakang foto

Tapi secara keseluruhan โ€” apalagi kalau kamu memilih foto yang lebih kontras โ€” aplikasi ini bisa menghilangkan latar belakang dengan cepat dan sangat mudah. Bandingkan dengan kalau kamu melakukannya sendiri (toh, tidak semua orang punya dan mampu menggunakan Photoshop).

Anyway, supaya lebih valid, saya pun sudah mencoba dengan gambar lain.

Screen Shot hasil Hapus Background Foto
Sebelum dan sesudah hapus latar belakang foto

Yup, hasilnya tetap bagus. Di atas rata-rata dan cukup memuaskan.

Jadi, seperti sudah saya sebut di atas. Dengan cara hapus background foto otomatis ini, semua orang bisa melakukannya. Apalagi yang kamu tunggu? Silakan mencoba.

More Stories
5 Tipe Pemain Paling Dibenci di Game Apex Legends