Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Berbagai Hardware Yang Pernah Apple Rilis di Acara WWDC

Anom Penulis

WWDC atau Worldwide Developer Conference merupakan sebuah acara yang Apple selenggarakan untuk menampilkan perangat lunak (software) dan teknologi terbaru yang hadir di ekosistem sistem operasi mereka. Namun dalam sejarahnya, tidak jarang Apple juga mengumumkan perangkat keras (hardware) di WWDC.

Kali ini kami mengajakmu menengok kembali ke belakang. Melihat hardware apa saja yang pernah Apple umumkan di ajang WWDC.


Power Mac G5 (2003)

Apple memperkenalkan Power Mac G5 pertama kali pada WWDC 2003, sebagai komputer paling canggih saat itu. Power Mac G5 digadang-gadang sebagai komputer berbasis 64-bit pertama. Lalu komputer ini juga merupakan komputer dengan bodi anodized aluminium pertama.

Juga populer sebagai “cheese greater” pertama, sampai saat ini desain Power Mac G5 masih sering dianggap sebagai yang terbaik untuk desktop Apple.


Aluminium Cinema Display (2004)

Menyusul Power Mac G5 yang memakai materi anodized aluminium, pada WWDC 2004 Apple juga memperkenalkan monitor Cinema Display dengan bahan serupa. Monitor ini juga membawa nama “Cinema HD Display” seperti generasi sebelumnya.


Mac Pro Pertama (2006)

Pada WWDC 2006, Apple memperkenalkan komputer Mac Pro pertama. Pada dasarnya, komputer ini adalah komputer berbodi Power Mac G5 namun dengan prosesor Intel. Hal ini berjalan seiring peralihan komputer Mac dari PowerPC ke Intel.


iPhone 3G (2008)

Pada WWDC 2008, Apple memperkenalkan iPhone 3G. Tidak hanya membawa koneksi jaringan 3G, iPhone ini juga hadir dengan App Store, sebuah sistem yang mengubah cara kita melakukan instalasi aplikasi.


iPhone 3Gs (2009)

Di WWDC 2009, Apple memperkenalkan iPhone 3Gs dan pertama kali menyematkan huruf “s” sebagai varian iPhone generasi selanjutnya. iPhone 3Gs juga menjadi ponsel Apple pertama yang memiliki fitur rekaman video secara bawaan dari kamera.


iPhone 4 (2010)

Apple memperkenalkan iPhone 4 pada WWDC 2010. Salah satu iPhone dengan desain yang paling banyak dipuji. Bersama iPhone 4, Apple juga memperkenalkan Retina display, kamera depan, dan multitasking.


MacBook Pro Retina Display (2012)

Pada WWDC 2012, Apple memperkenalkan MacBook Air dan MacBook Pro baru. MacBook Pro baru ini berukuran 15 inci dan yang pertama menggunakan Retina Display.


Mac Pro (2013)

Di WWDC 2013, Apple menghadirkan MacBook Air dengan Retina Display. Namun selain itu, Apple juga memperkenalkan komputer Mac Pro baru, yang kemudian terkenal dengan julukan “trash can” (tempat sampah).


HomePod (2017)

Cukup banyak hardware yang Apple umumkan pada WWDC 2017 ini. Ada pembaruan untuk iMac, MacBook, MacBook Pro, dan iPad Pro. Namun produk baru yang menarik perhatian adalah iMac Pro dan speaker cerdas HomePod (walau di kemudian hari terbukti gagal).


Mac Pro (2019)

Pada WWDC 2019, Apple kembali memperkenalkan Mac Pro baru. Desain Mac Pro 2019 ini kembali terinspirasi oleh era Power Mac G5. Menariknya desain ini juga semakin mirip dengan “cheese grater” (parutan keju). Bersama Mac Pro baru, Apple juga memperkenalkan monitor Pro DIsplay XDR.


    %d blogger menyukai ini: