Harga dan Spesifikasi resmi Nokia 8.1

Setelah berbagai rumor beredar mengenai bocoran dari smartphone terbaru Nokia, akhirnya HMD Global selaku nama perusahaan dari merk Nokia resmi meluncurkan smartphone terbarunya ini.

HMD Global memberi nama smartphone terbarunya ini Nokia 8.1. Nokia 8.1 ini telah resmi di rilis pada kamis tanggal 6 Desember 2018 kemarin di Dubai.

Nokia 8.1 ini sebenarnya bukanlah versi lebih tinggi dari Nokia 8, namun smartphone Nokia 8.1 merupakan smartphone kelas menengah yang dikembangkan dari versi global sebelumnya, yaitu Nokia 7.1 Plus ( X7).

Namun meskipun ia tak lebih tinggi dari versi Nokia 8, desain Nokia 8.1 ini tetap terlihat begitu elegan dengan bezel super tipisnya yang dibingkai melengkung pada keepat sisi-sisinya.

Dan untuk mengetahui spesfikasinya lebih jelas lagi, mari simak ulasan di bawah ini.

Desain

Sumber Gambar : NDTV Gadgets

Smartphone terbaru dari Nokia ini menjadi smartphone kedua dari HMD Global yang mengusung teknologi Pure Display. Teknologi Pure Display ini sebelumnya telah diluncurkan pada Nokia 7.1.

Nokia 8.1 ini juga hadir dengan layar FHD+ yang berukurann 6,18 inci dengan resolusi 1.080 x 2.246 piksel, serta adanya tambahan notch sebagai rumah untuk kamera depannya.

Selain itu, layar smartphone Nokia 8.1 ini juga telah mendukung pemutaran video dalam format HDR10.

Dapur Pacu

Sumber Gambar : NDTV Gadgets

Untuk masalah dapur pacunya, Nokia 8.1 telah dipersenjatai dengan Snapdragon 710 yang digabungkan dengan Adreno 616 sebagai pengolah grafis.

HMD Global mengklaim bahwa smartphone terbarunya ini telah mengalami peningkatan kinerja grafis sebanyak 35 persen dan peningkatan 20 persen untuk kinerja keseluruhannya jika dibandingkan dengan Nokia 7 Plus sebelumnya.

Selain itu, untuk melengkapi processor Snapdragon 710, HMD Global telah membekalinya dengan 4 GB RAM LPDDR4X.

Bahkan untuk masalah penyimpanan internalnya, Nokia 8.1 ini memiliki 64 GB penyimpanan internal yang bisa diperluas hingga mencapai 400 GB melalui slot kartu MicroSD yang telah disediakan.

Kamera

Sumber Gambar : YouTube

Kali ini kita beralih menuju segi kameranya, Nokia 8.1 ini memiliki  dua kamera ganda yang terdiri dari kamera utama optik ZEISS 12 megapiksel dengan aperture f / 1.8, dan lensa sekunder 13 megapiksel untuk bidikan potret “studio-level”, serta menawarkan OIS.

Sama halnya denngan smartphone terbaru lainnya, smartphone terbaru dari HMD Global ini juga telah melengkapi kameranya dengan berbagai fitur canggih dan menarik.

Salah satunya adalah AI scene detection yang berfungsi secara otomatis untuk mendeteksi 18 adegan sekaligus.

Sementara itu, bagian depan dari smartphone ini juga terdapat kamera tunggal 20 megapiksel dengan aperture f / 2.0.

Kamera depan tunggalnya ini juga dapat mengikat piksel hingga menggabungkan empat piksel sekaligus untuk membentuk piksel sebesar 1,8 μm.

Fitur-Fitur

Sumber Gambar : CIT Daily

Nokia 8.1 ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur pendukung layaknya smartphone terbaru yang lainnya.

Ada fitur konektivitas, dukungan dual-sim, 4G VoLTE, WiFi 802.11 ac Bluetooth 5.0, GPS + GLONASS, USB Type-C, FM radio, dan port Jack 3.5mm.

Dari segi baterainya, smartphone yang berjalan di OS Android 9 Pie ini telah ditanamkan baterai sebesar 3500 mAh dengan tambahan fitur pengisian cepat 18W.

Smartphone Nokia Terbaru ini juga hadir dalam 3 varian warna, yaitu Blue/Silver, Steel/Copper, dan Iron/Steel.

Rencananya, smartphone Nokia 8.1 ini akan dijual di pasar India dan kemudian dlanjutkan menuju pasar global mulai pertengahan Desember nanti.

Kamu bisa mendapatkan smartphone  terbaru dari HMD Global ini hanya dengan harga sekitar Rp.6,4 juta.

More Stories
microsoft surface go lifestyle
Microsoft Merilis Tablet Baru Surface Go Yang Lebih Kecil dan Lebih Murah