Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cek Harga Tiket Pesawat Dengan Mudah di Google

penumpang pesawat

Tahukah kamu kalau kamu bisa melihat harga tiket pesawat di Google? Ya, dengan pencarian sederhana, kamu bisa membandingkan harga berbagai maskapai penerbangan. Selain itu, ada juga informasi lain yang terkait.

Memang tidak percuma kita menyebutnya Mbah Google. Banyak informasi praktis tersedia di sana. Untuk pencarian semacam ini, kita tidak perlu repot membuka link hasil pencarian satu demi satu.

Tentu saja, kalau kamu lebih suka mencarinya di aplikasi ya tidak masalah juga. Tergantung cara apa yang kamu suka.

Cara termudah lihat harga tiket pesawat

Mungkin kamu sudah bisa menebaknya. Benar. Cara termudah melihat harga tiket pesawat di Google adalah mencari tiket untuk tujuan tertentu dari kotak pencarian.

  1. Buka Google di browser.
  2. Ketik: Tiket pesawat ke [kota tujuan]
  3. Akan muncul tabel hasil pencarian dengan maskapai penerbangan bersangkutan.
    Kamu bisa menentukan detil informasi lebih jauh.

    • Bandara tujuan
    • Tanggal keberangkatan
    • Tanggal pulang

hasil pencarian harga tiket pesawat di google

Seperti sudah saya sebut di atas, selain informasi harga tiket ada juga informasi lain. Misalnya apakah rute tersebut mengalami transit atau non-stop. Kalau kamu tidak menentukan tanggal pulang, harga yang tercantum adalah harga sekali jalan (one way).

Tapi bagaimana kalau perjalanan tidak sendirian? Bagaimana kalau mau memilih penerbangan kelas satu? Bagaimana kalau mau terbang ke beberapa kota?

Gunakan Google Flights untuk informasi lebih lengkap

Kalau kamu lihat dari hasil pencarian tadi, ada alamat www.google.co.id/flights tertera di sana. Di sanalah kamu bisa melakukan pencarian yang lebih jauh.

Di Google Flights, kotak pencarian memiliki pilihan yang lebih detil. Ada pilihan jenis perjalanan, pilihan kelas penerbangan, jumlah orang yang berangkat, dll. Kalau kamu pernah melakukan pencarian tiket sebelumnya, akan ada riwayatnya di bawah kotak pencarian.

cari tiket pesawat di google flights

Yang menarik, di bawah kotak pencarian terdapat peta dan gambar berbagai kota di dunia. Kalau kita memilih salah satu kota, akan muncul informasi penerbangan dan tarif hotel sesuai kelasnya.

Selain itu, ada juga saran tujuan perjalanan sesuai kepentingan. Misalnya tujuan bulan madu atau tujuan belanja. Jadi kamu bisa melakukan eksplorasi perjalanan.

informasi singkat kota tujuan di google flights

Panduan memilih harga tiket pesawat

Kembali ke informasi tiket pesawat, perhatikan bahwa setiap hasil akan berbeda sesuai pilihan yang kamu masukkan. Misalnya kalau kamu memilih kota Manado dengan kelas bisnis. Hasilnya akan berbeda dengan kelas ekonomi.

Google Flights akan memandumu langkah demi langkah dalam memilih.

Tentukan pilihan sesuai kebutuhan

  1. Pilih jenis perjalanan: Pulang-pergi, sekali jalan, atau untuk menempuh beberapa kota.
  2. Pilih kelas penerbangan: Ekonomi, ekonomi premium, bisnis, atau kelas satu.
  3. Tentukan berapa jumlah orang yang berangkat: Dewasa, anak usia 2-12 tahun, bayi duduk sendiri, atau bayi duduk di pangkuan.
  4. Tentukan kota keberangkatan dan kota tujuan
  5. Tentukan hari keberangkatan dan waktu pulang.

Kalau kamu sering bepergian ke kota tersebut, kamu juga bisa memantau informasi tiket pesawat ini. Kamu akan menerima pemberitahuan melalui email.

hasil pencarian tiket pesawat google flight lebih detil

Pilih penerbangan dan lihat informasi lebih detil

Setelah kamu mengisi semua informasi, Google Flights akan menampilkan pilihan harga tiket pesawat untuk keberangkatan terlebih dulu. Di sana kamu bisa melihat saran penerbangan terbaik.

Pilih salah satu, dan kamu bisa melihat informasi yang lebih detil soal penerbangan tersebut. Hal yang sama akan muncul kalau kamu memilih penerbangan pulang.

Informasi yang muncul meliputi:

  1. Tanggal penerbangan
  2. Maskapai penerbangan
  3. Waktu keberangkatan dan sampai tujuan
  4. Lama penerbangan
  5. Nomor penerbangan
  6. Kelas penerbangan
  7. Pesawat yang digunakan
  8. Fasilitas kursi
  9. Fasilitas lain yang tersedia: Konektor USB, tontonan, Wi-Fi

keterangan penerbangan pergi-pulang

Kalau kamu sudah puas dengan pilihanmu, kamu bisa segera membeli tiket pesawat tersebut. Di bagian bawah ada rujukan dari Google ke website maskapai yang bersangkutan, atau rekanan pemesanan tiket.

Cukup mudah kan? Cara ini lebih enak dilakukan daripada harus cek website atau aplikasi maskapai penerbangan satu demi satu.

Saat ini belum ada informasi promo atau yang sejenisnya di Google Flights. Kalau kamu ingin mencari promo atau ingin memesan paket perjalanan menyeluruh, kamu bisa menggunakan aplikasi travel yang banyak tersedia.

Nah, walau saya memberi contoh dengan browser komputer, Google Flights juga bisa diakses dengan mudah melalui handphone.


ARTIKEL TERKAIT

More Stories
game bushido bear
Review Game Bushido Bear: Aksi Swipe Cepat dan Tepat