Rayakan Hari Mario, Ini 9 Fakta Unik Tokoh Game Paling Populer Sedunia

Super Mario Bross merupakan game yang hits pada zamannya. Jika kamu merupakan generasi 90an, game ini pasti sudah tak asing lagi ditelinga. Kamu juga pasti pernah memainkan game yang satu ini bukan? atau mungkin justru kamu ketagihan.

Mengingat tentang Super Mario Bross, yang pertama terlintas dipikiranmu sudah pasti krakter tukang ledeng bertopi merah dan berkumis lebat. Alasannya begitu mudah karena dia begitu berkarakter dan telah lama ada.

Meski sudah berulang kali memainkan Mario Bross, apakah kamu tau fakta unik dari Mario sang ikon Nintendo ini? Nah,  berikut adalah beberapa fakta yang bisa kamu ketahui tentang  tokoh Mario tersebut.

Nama pertamanya bukan Mario dan game pertamanya bukanlah Mario Bros

Sumber Gambar : IDN Times

Mario pertama kali diperkenalkan di game Donkey Kong, tapi namanya sendiri bukan Mario melainkan Jumpman, si manusia loncat. Jauh sebelum itu, si maskot Nintendo ini juga sudah diberi nama Mr. Video dan Ossan.

Profesinya pun bukan tukang ledeng, tapi tukang kayu. Menariknya, Mario juga pernah menjadi arkeolog, dokter dan pemilik perusahaan mainan.

Mario bukan tokoh baik ketika pertama kali diciptakan

Sumber Gambar : Tekno Tempo.co

Ketika berada di game Donkey Kong pada 1981, memang pemainnya menjadi Mario untuk menyelamatkan pacarnya. Namun itu bukan tanpa alasan,Donkey Kong menculik pacar Mario gara-gara Mario tidak benar dalam merawat dan memelihara gorila tersebut.

Nama Mario diambil dari nama pemilik gedung kantor Nintendo di Amerika

Sumber Gambar : IDN Times

Pada tahun 1980, Nintendo of America menderita masalah keuangan. Pernah suatu hari, Mario Seagale, masuk ke perusahaan dan menyela rapat untuk menagih pembayaran gedung yang sudah telat.

Pakai topi dan kumis untuk memudahkan desainer menggambarnya

Sumber Gambar : IDN Times

Shigeru Miyamoto menggambar Mario menggunakan topi karena bagi dia menggambar rambut itu sulit. Dia juga menggambar Mario dengan kumis, karena kumis lebih mudah dilihat di game ketimbang gambar mulut akibat resolusi rendah kala itu.

Nama belakang Mario sama dengan nama depannya

Sumber Gambar : IDN Times

Mario dan Luigi dikenal sebagai Mario Brothers atau dua bersaudara Mario. Penggunaan kata Bros atau Brothers selalu mengacu pada nama belakang seseorang.

Melihat fakta tersebut bisa dipastikan kalau nama lengkap Mario adalah Mario Mario dan Luigi Mario.

Punya saingan dengan nama Wario

Sumber Gambar : IDN Times

Memang Bowser selalu tampil menjadi musuh utama Mario dalam kebanyakan game, tetapi sesungguhnya Mario memiliki musuh abadi yaitu Wario.

Nama Wario itu sendiri berasal dari gabungan kata “warui” yang artinya tidak baik. Itu juga berlaku untuk rival Luigi yang namanya adalah Waluigi.

Mario merupakan salah satu pendonasi terbesar ke Nintendo

Sumber Gambar : Tekno – Harian Analisa

Sampai saat ini Mario telah hadir di lebih dari 200 game dan menjual lebih dari 195 juta unit game seri Mario sendiri. Tukang ledeng Itali itu juga memiliki acara televisi, film, dan produk budaya lainnya. Saking populernya, anak-anak AS kala itu lebih akrab dengan Mario daripada dengan Mickey Mouse.

Untuk seri Super Mario Bros 3, game tersebut berhasil meraup keuntungan hingga US$500 juta di Amerika, atau sekitar Rp7,1 triliun.

Mario adalah karakter paling populer di dunia

Sumber Gambar : IDN Times

Hingga sekarang, kepopuleran Mario tidak pernah tertandingi dalam sejarah dunia game. Bahkan bisa jadi Mario adalah karakter fiksi paling terkenal yang pernah ada. Pada poling Marketing Evaluations di 1990, didapatkan hasil Mario lebih populer ketimbang Mickey Mouse.

Sepertinya nama Mario tidak akan sirna hingga lima dekade selanjutnya, mengingat Nintendo juga akan terus membuat game barunya.

Lalu, siapakah yang cocok untuk menggantikan posisi Mario sebagai karakter video game terpopuler di dunia?

More Stories
Ngetweet Asik dengan MeTweets